Sebelum Akhir Tahun, Dinkes Bangkep Optimis Target 70 Persen Vaksinasi Tercapai

  • Whatsapp
TAMPAK layanan vaksinasi yang dibuka oleh Dinkes Bangkep. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA – Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menargetkan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) akan berstatus Zona Hijau dari kasus Covid-19, sebelum akhir tahun 2021 ini. Untuk itu, program percepatan vaksinasi terus digenjot di semua kematan yang ada di Bangkep.

Saat dihubungi Banggai Raya, Kepala Dinas Kesehatan Bangkep, dr. Abdi Gunawan mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan percepatan vaksinasi hingga mencapai target 70 Persen, sebelum akhir tahun ini. Dengan begitu, Bangkep akan menjadi zona hijau.

Bacaan Lainnya

“Agar Bangkep bisa jadi zona hijau, kita hanya perlu mencapai target 70 persen. Sebab angka kasus terkonfirmasi positif sudah nol koma sekian persen,” kata dr. Abdi Gunawan, Kamis (11/11/2021).

Lanjutnya, percepatan vaksinasi hingga 70 persen sengaja ditargetkan sebelum akhir tahun, mengingat Indonesia, berdasarkan prediksi pakar epidemoligi, tengah diperhadapkan ancaman Covid-19 gelombang tiga, utamanya menjelang Natal dan Tahun Baru tahun ini.

Olehnya itu, Dinkes Bangkep sangat menyayangkan jika masih ada warga yang enggan divaksin. Sebab, selama target tersebut belum tercapai, maka masyarakat tidak akan bebas dari penerapan protokol kesehatan.

“Kalau kita di Bangkep tidak bisa capai target vaksinasi, maka selamanya protokol kesehatan akan didisiplinkan, pembatasan kegiatan akan terus diperketat. Faktanya, kemarin kita tidak bisa ramaikan ulang tahun daerah kita sendiri,” cetusnya.

Meski demikian, progres percepatan vaksinasi yang terus dipacu Tim Satgas Covid-19 patut mendapat apresiasi. Sebab capaian vaksinasi tiap pekan mengalami peningkatan drastis. Hitungan rata-ratanya, tujuh sampai delapan persen tiap pekan atau bertambah satu persen setiap harinya.

Jika konsistensi capaian itu dapat dipertahankan, maka dapat dipastikan hingga akhir November 2021, Bangkep sudah berstatus Zona Hijau. (*)

Penulis: Abdullah

Pos terkait