SDN Buon Berhasil Hijaukan Sekolah, Bikin Peserta Didik Belajar Lebih Nyaman

  • Whatsapp
: Halaman SDN Inpres Buon, Desa Buon Mandiri, Kecamatan Luwuk Utara. FOTO RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Sejak 22 Agustus 2016 silam, Hj. Dena Lamato, S.Pd, M.M, dipercayakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai menjadi Kepala SD Negeri Inpres Buon, Desa Buon Mandiri, Kecamatan Luwuk Utara. Selama tujuh tahun memimpin SDN Buon, Hj. Dena Lamato telah berhasil menghijaukan sekolah tersebut.

Tampaknya, dengan sekolah penuh dengan pepohonan, seluruh peserta didik yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) merasa tenang, tidak panas.

Bacaan Lainnya

 “Sudah tujuh tahun di SDN Inpres Buon. Sejak masuk ke sekolah ini, langsung penghijauan dengan tanaman pepohonan dan bunga-bunga di halaman sekolah. Saya masih 6 tahun lagi menjadi guru ASN. Besar kecilnya sekolah tergantung tanggungjawab. Sekolah itu bukan dilihat dari besarnya pendapatan dana Bos hingga berhasilnya sekolah tersebut, tapi yang memanej sekolah itu. Sudah 7 tahun di sini (SDN Buon). Insya Allah, diberikan umur panjang, sesuai dengan kemampuan. Kalau kitorang tidak tahu memanej, pasti kitorang sakit kepala. Semua harus sesuai dengan prosedur,” kata Hj. Dena Lamato kepada Banggai Raya belum lama ini.

Menurut dia, peserta didik ditanamnkan budaya positif, yakni keyakinan dan nilai yang disepakati, yang menjadi kebiasaan bersama, yang akan dilakukan dalam waktu lama. Peserta didik harus di didik untuk menjaga kebersihan diri, baik di rumah maupun di sekolah.

Sekolah yang nyaman, indah dan hijau dengan tanaman kata dia, menjadikan warga sekolah betah belajar dan melakukan aktivitas sekolah, sehingga penghijauan sekolah diperlukan untuk terciptanya keindahan sekolah.

“Selain itu, mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Dengan tujuan aksi nyata yang dilakukan para tenaga pendidikan dan kependidikan, yakni menciptakan budaya cuci tangan dan penghijauan di lingkungan sekolah. Dengan lingkungan sekolah yang Asri, pastinya murid-murid dapat nyaman, ketika berada di lingkungan sekolah. Kalau pohonnya sudah besar, tentunya para peserta didik bisa memanfaatkan untuk berteduh dari panas,” tandasnya.

Untuk diketahui, Hj. Dena Lamato, awal diangkat menjadi PNS bertugas menjadi tenaga pendidik di SD Uwedaka, Kecamatan Pagimana. Di tahun 1989 pindah ke SD Negeri 2 Luwuk, tahun 1991 ke SD Negeri 7 Luwuk, Mei tahun 2002 ke SD Negeri Pembina Luwuk, kemudian 6 Juli 2006 pindah ke SD Negeri Unjulan, Kecamatan Luwuk Utara. Dengan berjalannya waktu, pada 22 Agustus 2016 dipercayakan menjadi Kepala SD Negeri Inpres Buon hingga saat ini.RUM

Pos terkait