Satu Juta Satu Pekarangan Solusi Menjaga Ketahanan Pangan di Banggai

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai Amirudin memberikan dorongan kuat terhadap keterlibatan aktif seluruh perangkat daerah dalam upaya penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2025.

Momentum tersebut diwujudkan melalui pembukaan resmi Forum Perangkat Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2025 di Hotel Estrella Luwuk, pada Senin (25/3/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan bahwa penyusunan program dan anggaran tahun 2025 harus sesuai target kinerja makro dan target kinerja perangkat daerah yang sudah ditetapkan.

“Inovasi Satu Juta Satu Pekarangan salah satu program unggulan Kabupaten Banggai, diharapkan menjadi solusi dalam menjaga ketahanan pangan dan juga pengentasan kemiskinan serta pencegahan stunting khususnya di wilayah pedesaan,” ujar Bupati Banggai.

BACA JUGA:  Pemkab Morowali Dukung Program PESIAR dalam Perluasan Kepesertaan JKN

Untuk itu, Bupati Amirudin menegaskan kepada instansi perangkat daerah sebagai pengampuh program ini harus dapat berkolaborasi dalam merealisasikan pemanfaatan yang lebih optimal harus dilaksanakan secara terstruktur, sistematis, dan masif sehingga masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya.

“Dan kalau kita melihat kemarin bahwa Kabupaten Banggai bisa berhasil mencapai angka nol pada kemiskinan ekstrim, dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan angka kita nol dari angka 1.44 di tahun kemarin adalah program Satu Juta Satu Pekarangan,” jelas Bupati Amirudin.

Artinya lanjut Bupati Banggai, program ini telah menyentuh kepada orang yang betul-betul berhak untuk menerima.

BACA JUGA:  Peringati HUT ke 73, IBI Bekerjasama Dinkes P2KB Balut Gelar Pelayanan KB Gratis

“Kemudian Inovasi Banggai Terang akan segera terwujud dan telah beroperasinya PLTMG yang kemarin untuk first gas-innya telah kita laksanakan pada tanggal 5 Februari 2024 dengan kapasitas 40 MW, yang dapat menyuplai kebutuhan listrik di daerah kita termasuk lampu jalan dan untuk mendukung kebutuhan industri juga UMKM,” tandas Bupati Amirudin.

Tidak hanya sampai di situ, Bupati Banggai menjelaskan bahwa Infrastruktur dan TIK di perkotaan telah dikembangkan, demikian pula daerah-daerah blank spot layanan internet dan telekomunikasi tahun ini menjadi prioritas untuk diselesaikan.

“Dan mudah-mudahan Command Center kita juga sementara dibangun, kurang lebih 275 cctv yang akan kita pasang dalam kota termasuk di perangkat-perangkat daerah, sehingga kami bisa memonitor dan melihat semua kegiatan dalam kota itu hanya dalam satu ruangan,” tutur Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Animo Tinggi, Pendaftar di SMPN 3 Luwuk Sudah Tembus 437 Peserta

Forum ini menjadi momentum strategis bagi seluruh perangkat daerah untuk turut serta dalam merumuskan rencana kerja yang akan menjadi pedoman utama dalam menjalankan program-program pembangunan di tahun mendatang.

Dengan partisipasi aktif dari berbagai sektor dan stakeholder, diharapkan RKPD tahun depan dapat mencerminkan aspirasi dan kebutuhan riil masyarakat Banggai.

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2025 diinisiasi sebagai wadah untuk menggalang kolaborasi lintas sektor dan mendiskusikan langkah-langkah strategis dalam pembangunan. **

Pos terkait