Satu ASN Posting Foto Caleg di Akun Medsos Diproses Bawaslu Banggai

BANGGAI RAYA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banggai melalui Panwascam tengah memproses oknum aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah yang kedapatan memposting foto caleg melalui akun media sosialnya.

Ketua Bawaslu Banggai Ridwan di sela-sela kegiatan rakor kampanye damai, Rabu (6/12/2023) di Luwuk mengatakan, saat ini pihaknya tengah memproses satu oknum ASN yang ditemukan terlibat dalam kegiatan politik. Langkah ini dilakukan, guna memberikan efek jera pada ASN agar tidak usah terlibat aktif dalam kegiatan politik.

BACA JUGA:  Pastikan Berjalan Lancar, Kapolres Banggai Pantau Langsung PSU di 2 TPS Kota Luwuk

Oknum ASN itu kata Ridwan yang ditemui usai rakor, tengah diproses oleh Panwascam Luwuk, dan nantinya akan dikirim ke Bawaslu Banggai. “Nanti setelah berkas pemeriksaan rampung, kami akan merekomendasikan temuan tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), biar lembaga itu yang menjatuhkan hukuman,” jelasnya.

BACA JUGA:  Kejari Banggai Limpahksn Kasus Dugaan Korupsi APBDes Matabas ke PN Tipikor Palu

Menurut Ridwan, oknum ASN itu sudah beberapa kali memposting foto caleg di akun medsosnya. “Setekah ada informasi, saya bahkan kemudian menelusuri dan menemukan di akun ASN itu ada postingan caleg. Saya juga sudah screenshot langsung temuan itu,” kata Ridwan.

Ia meminta agar seluruh ASN dan perangkat desa bersikap netral di pemilu dan tidak memperlihatkan dukungan politik secara nyata.

BACA JUGA:  PSU TPS 2 Karaton di Banggai, Prabowo Menang Telak, Partisipasi Pemilih 68 Persen

Selain yang tengah diproses, Ridwan juga mengatakan bahwa ada oknum ASN lain yang tengah ditelusuri, karena kerap terlibat aktif dengan oknum caleg tertentu di setiap kegiatan politisi salah satu parpol. “Kami sudah sebarkan informasi agar difoto atau divideokan, sehingga menjadi bukti,” tuturnya. DAR