Satnarkoba Polres Banggai Ungkap 18 Kasus dan Amankan  20 Tersangka Dalam Sebulan 

BANGGAI RAYA– Selama sebulan, Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Banggai berhasil mengungkap 18 kasus penyalahgunaan narkoba.

Sebanyak 20 tersangka diamankan Satnarkoba Polres Banggai dan barang bukti yang diamankan untuk sabu-sabu mencapai 79,59 gram dan obat 3.110 butir.

Hal itu diungkapkan Kasat Narkoba Polres Banggai, Iptu I Gede Wira Hendana Putra STR, MH.,  dalam konferensi pers yang dipimpin langsung Kasi Humas, Iptu Al Amin S Muda, Senin 5 Februari 2024.

BACA JUGA:  Gunakan Kapal Penumpang, Kabupaten Banggai Laut Antarpulaukan Ratusan Boks Ikan Setiap Hari

“Selama sebulan pengungkapan narkoba total 18 kasus, ini di banyak titik, ada di Luwuk, Toili, dan Bunta. Total diamankan 20 tersangka dengan barang bukti yang diamankan 79,59 gram (sabu-sabu) dan 3.110 butir pil koplo jenis THD,” ungkap 

Dijelaskan, untuk peredaran sabu-sabu melalui jaringan beberapa daerah di antaranya berasal dari Kota Palu, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Morowali.

BACA JUGA:  Universitas Padjadjaran - Pemda Banggai Tandatangani Kerja Sama Pendidikan 

Dalam perhitungan menyelamatkan masyarakat mengonsumsi narkoba jenis sabu, Polres Banggai berhasil menyelamatkan dengan asumsi sebanyak 9.938 orang.

“Asumsi sebanyak 0,125 gram/ orang dan jika dirupiahkan 1 gram Rp 2 Juta, maka total barang bukti diamankan senilai Rp. 159 Juta.

Untuk perhitungan menyelamatkan masyarakat dari mengonsumsi Pil Koplo sebanyak 622 orang, asumsi 5 butir/perorang. 

Jika dirupiahkan jumlah BB diamankan sebesar Rp 15.550.000, asumsi 1 butir Rp5 Ribu

BACA JUGA:  Perindo Laporkan Dugaan Kecurangan Pemilu di Toili Barat Banggai

Tingginya kasus narkoba di Banggai, Kasat meminta dukungan kepada masyarakat dalam upacaya pencegahan.

“Ini kejahatan luar biasa, harus diberantas. Olehnya saya berharap dukungan masyarakat dalam penindakan. Baik dalam kota maupun di kecamatan,” pintanya.

Pengungkapan kasus yang dilakukan Satnarkoba kata dia, bentuk keseriusan Polres Banggai dalam memberantas narkoba dan menyelamatkan generasi muda di tanah Babasalan ini. (*)

Pos terkait