Sat Pol PP Banggai Sukses Amankan Pilkades 2021

  • Whatsapp
KASAT Pol PP Kabupaten Banggai, Suwitno Abusama saat memantau anggota pada pengamanan Pilkades di Desa Bumi Beringin. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Sejumlah Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Banggai sempat diturunkan mengamankan pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap 3 Tahun 2021 di Kota Luwuk dan sekitarnya, pada tanggal 1 Desember 2021.

Personel Sat Pol PP Banggai bersama anggotaTNI Koramil 1308-01 Luwuk dan Polres Banggai sukses mengamankan pelaksanaan Pilkades tersebut.

Bacaan Lainnya

Untuk di Kecamatan Luwuk, terdapat satu desa yang melaksanakan Pilkades, yaitu Desa Tontouan. Kemudian di Kecamatan Luwuk Utara, sebanyak 2 desa, yaitu Desa Awu dan Desa Bumi Beringin.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banggai, Suwitno Abusama kepada Banggai Raya mengatakan, ada dua pasukan yang diturunkan saat mengamankan Pilkades 2021, yaitu Sat Pol PP dan Linmas. Untuk anggota Linmas diturunkan di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Balantak, dan Kecamatan Bualemo.

“Itu Linmas. Untuk Sat Pol PP, kita konsentrasikan di dalam Kota Luwuk, anggota diturunkan pada tiga titik pemilihan kepala desa, yaitu di Desa Tontouan, Bumi Beringin dan Desa Awu. Sedangkan saya melakukan pemantauan sampai ke Kecamatan Masama, walaupun teman-teman dari Linmas sudah di distribusikan ke tempat pemantauan di beberapa kecamatan,” kata Suwitno Abusama saat ditemui belum lama ini.

Personel Sat Pol PP kata dia, disetiap desa itu, disebarkan sebanyak 6 orang. Jadi, untuk wilayah Kota Luwuk dalam Pilkades 2021, sebanyak 18 personil Sat Pol PP yang diturunkan untuk mengamankan. “Saya juga turun keliling memantau ke desa-desa yang melaksanakan Pilakdes,” tambahnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait