Sasar Kalangan Remaja, Mahasiswa KKN GNRM UMLB Sosialisasikan PHBS

  • Whatsapp
ABADIKAN momen usai sosialisasi PHBS yang dilakukan mahasiswa peserta KKN GNRM UMLB. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Mahasiswa peserta KKN Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) yang ditempatkan di Desa Tangkiang, Kecamatan Kintom telah menuntaskan 17 program kerja (Proker).

Salah satu program kerja yang direalisasikan yaitu menyosialisasikan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada tanggal 5 September 2021 dengan pemateri yang dihadirkan Sulasmi Anggo S.Far., M.Kes., Dosen Pendidikan Biologi, FKIP UMLB.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini, sudah 17 program kerja yang telah selesai kami laksanakan. Jadi tinggal satu program lagi yang belum, tapi itu nanti sekaligus peresmian Gapura GNRM,” ujar Koordinator Desa Posko KKN GNRM UMLB, Riswanto Sahidah kepada Banggai Raya, Senin (6/9/2021).

Ia menjelaskan, sosialisasi ini dimulai Pukul 15.30 WITA dengan tempat pelaksanaan di Balai Desa Tangkiang. Adapun peserta sosialisasi ini adalah para anak-anak dan remah yang ada di desa tersebut.

“Sosialisasi ini tentunya sangat peting, untuk bagaimana masyarakat menjaga kesehatan agar terhindar dari wabah virus corona dalam situasi pandemi sekarang ini,” harapnya.

Dalam sosialisasi itu, Sulasmi Anggo yang juga Wakil Dekan II FKIP itu menyampaikan sejumlah penjelasan tentang PHBS, mengapa PHBS perlu dilakukan dan manfaat dari perilaku hidup bersih dan sehat itu.

Dijelaskan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku. Sehingga membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalah sendiri, dalam tatanan rumah tangga, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan.

Pos terkait