SANSEIKANO Komitmen Lestarikan Seni dan Budaya Khas Saluan Nambo

  • Whatsapp
PARA KADER SANSEIKANO mengabadikan momen bersama. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Di tahun 2022 ini, Sanggar Seni Mapakat Nambo (SANSEIKANO) terus berkomitmen seperti sejak awal tebentuknya yakni melestarikan seni dan budaya khas Saluan Nambo. Seperti halnya melalui program silat tradisional Langka Tano dan Musik Karambangan.

Ketua SANSEIKANO, Wisnu Saputra mengatakan, di tahun ini tentunya harus lebih tingkatkan lagi untuk kedua program tersebut. “Perlu adanya peningkatan dalam hal kualitas dari setiap kader yang ada,” ujar Wisnu Saputra, Rabu (5/1/2022).

Bacaan Lainnya

Peningkatan kualitas dalam setiap kader kata Wisnu, adalah hal yang sangat penting dalam pelestarian seni dan budaya. Olehnya, Ia mengajak kepada semua kader, untuk terus berlatih demi meningkatkan kualitas tersebut.

Sementara itu, Pembina SANSEIKANO, Jusri Mansoba mengatakan, hal ini merupakan hasil dari evaluasi Sanggar Seni Mapakat Nambo pada akhir 2021.

“Mengingat kedepan dalam rangka menyukseskan serta mewujudkan program pemerintah daerah yakni Banggai maju mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal, khususnya keluarga besar SANSEIKANO wajib untuk meningkatkan kualitas dari setiap kader,” ujar Jusri Mansoba.

Olehnya, ini menjadi prioritasnya di tahun 2022 ini demi mencapai target tersebut. “Kami juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang begitu serius dalam memperhatikan dan selalu mendukung demi majunya seni dan budaya di daerah yang kita cintai,” ungkap Jusri Mansoba yang juga Sekretaris Karang Taruna Nambo itu.

Jusri menyebutkan, dukungan Pemda Banggai itu dibuktikan dengan adanya bantuan yang diterima SANSEIKANO berupa alat musik demi menunjang majunya seni musik karambangan di Kecamatan Nambo. Bantuan dari Dinas Pendidikan ini tentunya sangat bermanfaat untuk kemajuan SANSEIKANO kedepan. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait