Samsat Luwuk Beri Pelayanan Keliling

  • Whatsapp
KEPALA Seksi PKB dan BBN-KB, Samsat Luwuk Banggai, Mahyudin Lasimpala bersama anggota Satlantas Polres Banggai memeriksa STNK dan pajak kendaraan milik warga. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Luwuk Banggai berinovasi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Banggai. Kantor Samsat induk berada di Kota Luwuk.

“Samsat Luwuk Banggai terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga yang ingin membayar pajak kendaraan. Ada Samsat keliling, kami sebulan sekali ke kecamatan-kecamatan. Minggu ini, Samsat Luwuk ada membuka pelayanan di kantor lama, di samping Masjid An Nur Luwuk, hingga malam petugas akan melayani di tempat tersebut. Itu hanya pada Sabtu malam, setiap bulan dua kali dilaksanakan, di awal dan akhir bulan. Di Pos Satlantas Luwuk itu dalam rangka Samsat keliling dalam Kota Luwuk,” kata Kasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB dan BBN-KB) Samsat Luwuk Banggai, Mahyudin Lasimpala kepada Banggai Raya, Rabu (17/11/2021).  

Bacaan Lainnya

Menurut mantan Kasi SMA Cabdis Wilayah V Sulteng ini, inovasi pelayanan yang berada di kantor Samsat Luwuk Banggai yang lama, dengan nama Samsat Ohanimo Love, yang dijabarkan artinya Samsat Dekat Di Hati.

Ia mengaku, Samsat Luwuk masih kekurangan personel dalam memberikan pelayanan, sehingga pelayanan Samsat Ohanimo Love hanya dilaksanakan pada Sabtu malam.

“Kesadaran warga dalam pembayaran pajak kendaraan, masih fifty-fifty. Ini karena keadaan situasi seperti ini masih Pandemi Covid-19. Kesadaran warga terbentur karena anggaran masih digunakan pada tempat-tempat lain,” ujarnya.

Ia berharap, mudah-mudahan kedepan, kesadaran warga terus bertambah untuk membayar pajak, karena pajak kendaraan ini untuk pembangunan daerah.

“Minimal, sehingga diupayakan ada Samsat keliling, Samsat Ohanimo Love. Kami mengimbau kepada masyarakat yang tidak punya waktu membayar pajak kendaraan ke kantor Samsat, akan dijemput di rumahnya masing-masing,” tandasnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait