Sambut Tahun Baru, Pemda Banggai Bakal Gelar Zikir Bersama Hingga Panggung Hiburan 

BANGGAI RAYA– Menyambut malam pergantian tahun atau tahun baru 2024, Pemerintah Kabupaten Banggai akan menggelar zikir bersama dan acara perayaan berupa panggung hibu

ran.

Sejumlah persiapan dibahas dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Perayaan Tahun Baru, Rabu (27/12/2023), di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan.

“Perayaan malam tahun baru, Insyaallah, akan kita laksanakan di depan Graha Pemda, tepatnya di ruas jalan. Itu akan kita tutup dari pintu gerbang (Graha Pemda) sampai Tugu Adipura,” ujar Bupati Amirudin saat memimpin rapat koordinasi, seperti dilansir dalam liputan Dinas Kominfo Banggai.

BACA JUGA:  Pemilu di Banggai Laut, Demokrat Unggul Sementara, Putra Bupati Bakal Jadi Caleg Terpilih NasDem

Acara malam pergantian tahun akan diawali dengan zikir bersama di Masjid Agung An-Nuur Luwuk  selepas sholat magrib hingga Isya. 

Sementara acara panggung hiburan di depan Graha Pemda akan dimulai pukul 21.00 hingga pukul 01.00 waktu setempat.

Demi kelancaran mobilitas dan akses bagi masyarakat yang diperkirakan akan memadati area kegiatan, Bupati Amirudin memerintahkan Satpol PP untuk mensterilkan area di sepanjang ruas jalan Graha Pemda hingga Tugu Adipura pada malam pergantian tahun. 

“Tidak boleh ada pedagang di sepanjang area penonton, tidak boleh ada parkir, tidak boleh ada pedagang,” ujar Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Nyaleg di Dapil Jakarta 1, Politisi NasDem Ahmad Ali Terancam Tak ke DPR RI

Selain itu, Bupati Amirudin memastikan bahwa acara perayaan tahun baru tidak akan ditumpangi kepentingan politik khususnya kampanye Pemilu 2024. “Tidak boleh ada atribut satu partaipun atau caleg yang berada di sekitar situ,” tegas Bupati Banggai.

Dipilihnya pusat Kota Luwuk sebagai lokasi perayaan malam tahun baru agar mempermudah akses bagi masyarakat sehingga diharapkan menambah semarak perayaan malam pelepasan tahun.

“Tadinya mau dibuat di Astaka (Kawasan Perkantoran Bukit Halimun), tapi sekali-kali kita coba untuk masuk kota untuk menghibur semua masyarakat. Mudah-mudahan zikir bersama dan acara pelepasan tahun ini semuanya berjalan dengan baik, dan kita berdoa, semoga tahun 2024 akan lebih baik dari tahun 2023,” ujar Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  7.000 Suara Calon DPD RI Febriyanthi Hongkiriwang Tiba-tiba Raib, Ada Apa KPU Sulteng?

Pada kesempatan itu, Polres Banggai dan Kodim 1308/LB menyatakan kesiapannya untuk menjaga keamanan pada acara malam tahun baru nanti. Dalam pengamanan perayaan natal dan tahun baru, Polres Banggai melaksanakan Operasi Lilin dengan menurunkan sebanyak 104 personel di sejumlah titik. Operasi Lilin dilaksanakan pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. (*)

Pos terkait