Rumah Zakat Anugerahi  Herwin Yatim Tokoh Pemberdayaan 2020

  • Whatsapp
BUPATI terima penghargaan dari rumah zakat sebagai tokoh pemberdayaan. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Rumah Zakat menyelenggarakan kegiatan Public Expose Rumah Zakat 2021, Kamis (25/2/2020). Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan sejumlah acara, di antaranya Penganugerahan Tokoh Pemberdayaan 2020, serta Launching Gerakan #BahagiaBersama oleh Wakil Presiden RI.

Dalam Penganugerahan Tokoh Pemberdayaan 2020 ini, Rumah Zakat memberi apresiasi kepada sejumlah tokoh dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Bupati Banggai Herwin Yatim. Selain Bupati Herwin ada nama Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Pemred Republika Irfan Junaidi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi, Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia, Mr. Francois de Maricourt.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi, dalam sambutannya mengatakan, Penganugerahan Tokoh Pemberdayaan 2020 sebagai apresiasi kepada individu yang telah berdedikasi dalam mewujudkan kebahagiaan kepada sesama manusia sesuai peran masing-masing.

Bupati terima penghargaan dari rumah zakat.

Chief Marketing Officer Rumah Zakat, Irvan Nugraha menyampaikan, Rumah Zakat sebagai lembaga zakat yang fokus pada program pemberdayaan dan respons kemanusiaan, memberikan apresiasi kepada para tokoh setiap tahun. Tokoh itu berasal dari beragam kalangan seperti pemerintah, korporasi, media, pegiat pemberdayaan masyarakat dan pegiat kemanusiaan.

“Tahun ini ada sembilan orang tokoh dari berbagai latar belakang yang akan kami berikan apresiasi sebagai Tokoh Pemberdayaan 2020. Kita menilai dari aspek kontribusi kepada pemberdayaan masyarakat dan juga respons pada kemanusiaan,” kata dia kepada Republika.co.id, Rabu (17/2).

Irvan mengatakan, seluruh kalangan baik dari pemerintah, korporasi, media ataupun pegiat di lapangan tentu memiliki peran penting sesuai fungsinya masing-masing dalam rangka pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Secara khusus, media pun memiliki peran signifikan dalam mengedukasi masyarakat terkait filantropi Islam.

“Secara umum, media berperan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ekonomi syariah dan punya peran penting terkait penerimaan masyarakat untuk berbagi dengan menunaikan zakatnya. Sehingga lembaga-lembaga zakat dan lembaga keuangan syariah pun sangat terbantu bagaimana media mengedukasi masyarakat,” tuturnya.

Untuk kriteria penilaian, Irvan memaparkan ada dua poin utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih Tokoh Pemberdayaan 2020. Poin pertama yaitu terkait kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat. Poin kedua yakni kontribusi terhadap respons kemanusiaan, dalam hal ini menyangkut penanggulangan dampak pandemi Covid-19.

“Jadi yang kita nilai adalah dua poin itu. Dua poin ini kita jadikan dasar untuk pemilihan tokoh pemberdayaan tahun 2020. Untuk kontribusi pada penanggulangan dampak Covid-19, karena memang saat ini kita sama-sama sedang berjuang menghadapi Covid-19 ini,” ujarnya.

Herwin Yatim dinobatkan sebagai Tokoh Pemberdayaan 2020 atas kontribusi dan upaya membahagiakan sesama baik yang ada di dalam maupun luar pemerintahannya melalui optimalisasi dana zakat, infaq dan sedekah ASN dan masyarakat Banggai.

Pos terkait