Rumah Ludes Terbakar, Ibu Lansia di Tolbar Butuh Uluran Tangan

  • Whatsapp
PAPUK RUMIAH bersama dua cucunya, korban kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam (18/9/2021). FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Nasib malang menimpah seorang ibu lanjut usia (Lansia) di Desa Mekarjaya, Kecamatan Toili Barat (Tolbar), Kabupaten Banggai. Pasalnya, rumah yang Ia tinggali kini rata dengan tanah setelah ludes terbakar di lalap si jago merah.

Ia adalah Papuk Rumiah, seorang janda berusia sekira 75 tahun. Ia tinggal bersama dua cucunya yang masih kecil dan berstatus anak yatim.

Peristiwa kebakaran yang melanda rumah Papuk Rumiah itu terjadi pada Sabtu malam (18/9/2021) sekira Pukul 24.00 Wita. Bangunan rumah seketika ludes terbakar, hanya baju di badan yang mampu diselamatkan.

Beruntung, dalam peristiwa itu Papuk Rumiah bersama kedua cucunya bisa menyelamatkan diri dari kobaran api yang begitu ganas. “Rumahnya habis terbakar, sisa baju di badan,” ungkap Bendahara Karang Taruna Toili Barat, Silviani Adnan yang dikonfirmasi Banggai Raya, Minggu sore (19/9/2021).

Syukurnya kata Silviani, Papuk Rumiah bersama kedua cucunya itu berhasil menyelamatkan diri. “Kejadiannya tengah malam. Syukurnya mereka selamat, langsung keluar (menyelamatkan diri dari kebakaran),” terang Silviani Adnan.

Butuh Uluran Tangan

Merasa prihatin atas musibah yang dialami korban kebakaran, Karang Taruna Toili Barat langsung berinisiatif melakukan penggalangan dana. Aksi penggalangan dana itu dilakukan di media social facebook.

Hanya berselang lima jam, postingan penggalangan dana yang diunggah akun Silviani Adnan itu viral. Hingga Minggu sore, postingan itu telah dibagikan sebanyak 214 kali dan 249 komentar.

Aksi yang dilakukan Karang Taruna Toili Barat itu pun mendapatkan banyak empati dari kalangan masyarakat. Mereka berlomba-lomba untuk ikut menyisihkan rezekinya demi membantu ibu Papuk Rumiah bersama dua cucunya.

Dilansir dari postingan akun Silviani Adnan, Karang Taruna Toili Barat memohon partisipasi elemen masyarakat untuk membantu korban kebakaran.

“Kiranya bantuan kita sedikit bisa meringankan beban korban kebakaran akibat konsletnya listrik pada hari sabtu 18 September 2021 di Desa Mekarjaya Kec. Toili Barat.  Kab. Banggai,”tulisnya.

Dijelaskan, Ibu Papuk Rumiah adalah seorang janda yang hidup bertiga bersama dua orang cucunya yang berstatus anak yatim.

Olehnya, KT Toili Barat berharap bantuan dari kalangan masyarakat, baik berupa sembako, pakaian maupun dana.

“Kiranya ada teman-teman yang niat membantu berupa sembako atau pakaian nanti kita siap jemput dan kiranya bantuan teman-teman berupa uang bisa ditransfer melalui rekening bendahara Karang Taruna Kecamatan Toili Barat ,” terangnya dalam postingan itu.

Nah, bagi masyarakat yang ingin ikut membantu meringankan beban Papuk Rumiah bersama dua cucunya, bisa transfer donasi ke rekening 519001000448505, BRI an. Silfiani. Atau hubungi kontak person 0822-5950-5742. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait