RPIA Binaan JOB Tomori Bagikan Nutanak Plus

TINGKATKAN IMUNITAS DIMASA PANDEMIC COVID-19

BANGGAI RAYA- Sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas bagi anak-anak dan ibu-ibu binaan Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA), dimasa New Normal Pandemic Covid-19, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) menjalankan program Nutanak (Nutrisi Anak) Plus. Program tersebut berupa pemberian nutrisi tambahan yang dilaksanakan pada 6 Juli 2020 di RPIA Sinorang Pantai, 9 Juli 2020 di RPIA Sinorang Tengah dan 11 Juli 2020 di RPIA Paisubololi.

Program Nutanak Plus ini jelas Agus Sudaryanto, selaku Relation, Security dan ComDev Manager JOB Tomori, merupakan program yang akan dilaksanakan rutin selama enam bulan ke depan, dalam bentuk pemberian makanan yang mengandung nutrisi tambahan, dengan sasaran Batita, Balita, Anak-anak, Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Lansia.

“Selain pemberian makanan yang mengandung nutrisi, ke depan program Nutanak Plus ini akan kami kemas dalam bentuk kegiatan yang beragam, seperti pemberian penyuluhan kesehatan dengan melibatkan kader posyandu di tiap-tiap desa,” ungkap Agus Sudaryanto. Program pemberian nutrisi untuk anak ini sambung dia, sudah di rintis sejak tahun 2018 lalu, yaitu melalui Fasilitator RPIA Sinorang Pantai, Firnawati Labihi, Fasilitator RPIA Sinorang Tengah Indrawati Andrianingsih Salatun dan Fasilitator RPIA Paisubololi Alwia Batukaon.

“Awalnya program ini digagas berkaitan dengan upaya untuk mengatasi stunting khususnya bagi kelompok binaan, dan dimasa Pandemic Covid-19 kali ini, kembali dilaksanakan secara rutin setiap bulan sekali, dimana teknis pelaksanaannya tetap diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan dan tidak mengumpulkan orang dalam jumlah yang banyak,” jelasnya. 

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari orang tua anak, termasuk juga dari Sekretaris Desa Sinorang, Rosadia Parman. Menurutnya, pemberian nutrisi tambahan tersebut sangat membantu warga untuk melengkapi kebutuhan gizi, terutama bagi balita, bayi, anak-anak, ibu menyusui dan lansia.

“Program ini sangat tepat di saat pendemic Covid-19 saat ini, semoga dengan makin terpenuhinya asupan gizi bagi warga, dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai jenis penyakit, terutama penangkal penyebaran virus corona,” tutup Rosa, sapaan akrabnya.

Penyediaan nutrisi tersebut dilakukan oleh pendamping di masing-masing RPIA bersama Kader Posyandu, yaitu Ibu Indrawati Tompe SE untuk RPIA Sinorang Pantai bersama relawan lainnya yaitu Tamrin, Putri, Permatasari Doa, Marni Jahidu dan Anjar Saputri, serta Kader Posyandu Ibu Ruyang dan Ibu Atma Jahudu. Kemudian relawan RPIA Sinorang Tangah terdiri dari Rini, Sakinah, Widia, Nuraeni, Agung, Dimar dan Ibu Sutini. Relawan RPIA Paisubololi terdiri dari Rosalinda Buagang, Nelvi Ganian, Alfiandi, Yunisa, Triska Salukondo bersama dua orang kader Posyandu yaitu Ibu Dian dan Adelia Mudilae.

Total warga yang menjadi sasaran program Nutanak Plus kali ini sebanyak 375 orang, terdiri dari 113 orang di RPIA Sinorang Tengah, 112 orang di RPIA Sinorang Pantai dan 150 orang di RPIA Paisubololi. Ke depan, program Nutanak ini, tidak hanya melibatkan Kader Posyandu Desa, namun juga dikerjasamakan dengan Kelompok Herbalis Kecamatan Batui Selatan (Kalis Batan) yang juga merupakan binaan JOB Tomori untuk menyediakan berbagai produk herbal yang kaya akan manfaat kesehatan untuk warga. DAR/*

39 Pengunjung membaca berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!