Roadshow Kelembagaan JOB Tomori-SKK Migas Kalsul Berakhir di Sekretariat PWI Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Selama tiga hari sejak Minggu-Selasa (21-22/5/2023), Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori)-SKK Migas Perwakilan Kalimantan Sulawesi (Kalsul) menggelar roadshow kelembagaan bersama media massa di Kabupaten Banggai.

Kegiatan roadshow diawali halalbihalal bersama wartawan dari belasan media massa di Kabupaten Banggai pada Minggu malam (21/5/2023) di Swissbel Hotel Luwuk.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan tersebut, selain mendengarkan hikmah Halalbihalal yang dibawakan Ustad Ramli Hasan, juga diisi penyerahan santunan untuk anak yatim piatu dari Panti Asuhan Aisyiyah Luwuk. Keakraban wartawan bersama jajaran JOB Tomori dan SKK Migas maupun penceramah serta anak panti asuhan, ditutup dengan makan malam bersama dalam suasana penuh kekerabatan.

Kegiatan kedua yakni site visit wartawan bersama SKK Migas ke lokasi wisata Banyu Langit di Desa Argomulyo Kecamatan Moilong pada Senin (22/5/2023). Lokasi ekowisata Banyu Langit yang dikelola Pokdarwis Argomulyo itu, adalah salah satu obyek dampingan JOB Tomori sejak beberapa tahun lalu. Namun lokasi wisata alam dan pemancingan itu sempat ditutup pada masa pandemi Covid-19, menyusul adanya pembatasan kegiatan sosial. Kondisi ini membuat lokasi wisata tersebut tak terawat, hingga sejumlah fasilitasnya mengalami kerusakan. Di awal tahun 2023, seiring berakhirnya wabah covid, pemerintah desa setempat mulai membenahi lagi lokasi tersebut. Pada proses pembenahannya ini, baik Pokdarwis maupun Pemdes Argomulyo berharap pada JOB Tomori agar bisa memberikan pendampingan sekaligus sentuhan, sehingga ekowisata itu bisa segera dihidupkan lagi.

Roadshow kelembagaan JOB Tomori dan SKK Migas bersama media massa ini berakhir dengan kegiatan kunjungan redaksi yang dipusatkan di Sekretariat PWI Banggai di Luwuk pada Selasa (23/5/2023).

Pada kegiatan ini, Visnu C Bhawono sebagai Relation Security Comdev Manager JOB Tomori dan Ary Bagus Pratomo serta Danang – staf Senior Humas SKK Migas Kalsul, mendengarkan paparan singkat tentang jumlah wartawan yang menjadi anggota PWI maupun organisasi kewartawanan lainnya di Kabupaten Banggai. Pada paparan Ketua PWI Banggai Iskandar Djiada, disebutkan bahwa jumlah wartawan secara keseluruhan sekira 45 orang, dan 35 diantaranya merupakan anggota PWI. Dari 35 anggota PWI Banggai itu, 33 diantaranya sudah bersertifikat Dewan Pers karena telah mengikuti uji kompetensi wartawan. Uji kompetensi wartawan di Banggai, juga disupport penuh oleh JOB Tomori melalui tiga kali penyelenggaraan sejak tahun 2019-2021. Atas peran serta JOB Tomori dan SKK Migas itu, PWI Banggai memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan menyerahkan penghargaan untuk perusahaan hulu migas yang mengelola Blok Senoro itu, maupun pada SKK Migas Kalsul.

Usai pemaparan singkat, para wartawan menggelar diskusi terkait perkembangan sektor migas hingga keberadaan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang diharap bisa memacu pembangunan daerah. Diskusi menarik itu ditutup dengan makan siang bersama dan ‘ngobrol asik’ wartawan dan JOB Tomori serta SKK Migas.

Ary Bagus Pratomo dari SKK Migas berharap agar diskusi seperti ini bisa terus berlanjut di masa-masa mendatang, guna membuka cakrawala berpikir semua pihak, utamanya SKK Migas, JOB Tomori sebagai KKKS dan wartawan, khususnya terkait kondisi daerah di era migas, dan upaya menghadapi keadaan saat sumur migas tak lagi menghasilkan.**

Pos terkait