Ringankan Beban Masyarakat Akibat Covid-19, JOB Tomori Berikan Bantuan Beras dan Mie Instan

BANGGAI RAYA-Penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease tahun 2019 (Covid-19), bukan hanya berdampak terhadap kondisi kesehatan masyarakat, namun juga pada kondisi ekonomi. Sebab untuk memutus rantai penyebaran virus ini, setiap orang diwajibkan melakukan langkah social/physical distancing atau menjaga jarak. Selain itu, masyarakat juga diwajibkan beraktivitas dalam rumah, hingga berakibat pada hilangnya pendapatan bagi sebagian orang yang menggantungkan hidupnya dengan berusaha atau menjadi tenaga harian. Kondisi ini tentu menjadi perhatian berbagai pihak,  termasuk Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori).

Sebagai bentuk kepedulian JOB Tomori, perusahaan yang beroperasi di Blok Senoro Kabupaten Banggai, di bawah pengawasan sekaligus persetujuan SKK Migas, kembali menyalurkan bantuan berupa beras dan mie instan kepada Pemerintah Kabupaten Banggai. Bantuan itu sebagai lanjutan program JOB Tomori peduli penanganan Covid-19.

BACA JUGA:  Samiun Agi Geser Richard di Perolehan Suara Sementara Partai Demokrat Dapil 4 Sulteng

Sebelumnya, kerja sama antara Pemda Banggai dan JOB Tomori telah diserahkan bantuan tahap pertama berupa alat kesehatan, kemudian juga penyaluran bantuan untuk wartawan di Kabupaten Banggai berupa alat cuci tangan, minuman nutrition meningkatkan imunitas tubuh, masker, serta bantuan alat sterilisasi pada empat puskesmas di wilayah Kecamatan Batui, Batui Selatan, Moilong dan Toili dan RSUD Luwuk.

“Hari ini kami menyerahkan bantuan dari JOB Tomori kepada Pemda Banggai untuk disalurkan kepada masyarakat, khususnya pada saat-saat sulit seperti saat ini. Kami berharap bantuan ini bisa terdistribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Banggai,” ujar Arfiandy Djafaar, selaku Area Administrasi Section Head JOB Tomori, di dampingi Tim Business Support JOB Tomori saat penyerahan bantuan di halaman kantor Bupati Banggai, Kamis (16/04/2020).

BACA JUGA:  7.000 Suara Calon DPD RI Febriyanthi Hongkiriwang Tiba-tiba Raib, Ada Apa KPU Sulteng?

Bupati Banggai, Ir, H. Herwin Yatim, MM, di damping Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Helena Padeatu, Kepala Dinas Keuangan Kabupaten Banggai, Marsidin Ribangka, serta Ketua DPRD Banggai, Suprapto, mengatakan bahwa bantuan yang di berikan JOB Tomori tersebut akan diprioritaskan kepada masyarakat yang berdampak langsung dengan situasi Covid-19.

“Terimakasih kepada JOB Tomori yang telah menunjukan kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Banggai yang terkena dampak Covid-19 yang mewabah saat ini. Bantuan JOB Tomori ini kami khususkan kepada pekerja yang di PHK dan di rumahkan akibat wabah Covid-19, karena masyarakat lainnya juga sudah disiapkan bantuan yang berasal dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” tegas Herwin Yatim.

BACA JUGA:  Pemilu di Banggai Laut, Demokrat Unggul Sementara, Putra Bupati Bakal Jadi Caleg Terpilih NasDem

Dikonfirmasi terpisah, Manager Relations, Security dan Comdev JOB Tomori, Agus Sudaryanto, menyampaikan permohonan dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat, sebab dalam situasi pendemic Covid-19 saat ini, JOB Tomori selaku Perusahaan Hulu Migas masih tetap diwajibkan menjalankan operasi produksi untuk menjamin pasokan energi dan bahan baku migas untuk kebutuhan nasional hingga daerah, termasuk keharusan pencapaian target penerimaan negara dari sector hulu migas.

“Untuk menjalankan operasi produksi, setiap pekerja JOB Tomori dipastikan menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan kerja berdasarkan arahan dari SKK Migas dalam situasi Pendemic Covid-19, sehingganya management JOB Tomori sangat mengapresiasi langkah Pemda Banggai untuk bersama-sama JOB Tomori melawan Covid-19, melalui kegiatan bersama untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung dengan situasi darurat Covid-19,” pungkas Agus, sapaan akrabnya. DAR/*