Ricuh, Saksi Parpol Bersitegang dengan Caleg Hanura Suharto Saat Pengambilan D1 Hasil Pleno

BANGGAI RAYA- Pengambilan D1 hasil pleno perhitungan suara KPPS pada pemunggutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kantor Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai terjadi kericuhan.

Di mana saksi partai politik (Parpol) beradu mulut atau berdebat dengan calon anggota (Caleg) DPRD Banggai dari Partai Hanura Dapil 1 dengan nomor urut 1, Suharto Yinata, sekira pukul 15.30 Wita, Minggu (25/2/2024). 

Kericuhan itu, karena para saksi Parpol tidak terima senang, sebab Suharto Yinata tiba di lokasi kegiatan, langsung masuk ke ruang kerja Camat Luwuk Utara yang dipergunakan oleh PPK Luwuk Utara sebagai tempat percetakan hasil pleno. 

Para saksi Parpol ini tidak menyetujui bahwa Suharto Yinata keluar dari ruangan dengan membawa D1 hasil pleno. Sehingga, terjadi perdebatan antara para saksi dengan Suharto Yinata. 

Terlihat, saksi Partai Gerindra ngotot tidak setuju Suharto Yinata telah memegang D1 hasil pleno, tanpa menunggu rapat penetapan PPK Luwuk Utara. 

Alasan para saksi, karena mereka sudah menunggu berjam-jam untuk mendapatkan D1 hasil pleno PPK Luwuk Utara. Tapi, Suharto Yinata baru datang, dan keluar sudah mendapatkan D1 hasil pleno. 

Sesuai pengumuman PPK Luwuk Utara, Sabtu (24/2/2024) bahwa rapat penetapan akan digelar Minggu (25/2/2024) pagi, pukul 09.00 Wita, tapi molor hingga pukul 15.30 Wita. 

Ini yang membuat para saksi Parpol tidak terima senang Suharto Yinata datang langsung mendapatkan D1 hasil. 

“Jangan mentang-mentang Caleg, langsung membawa dan ambil photo D1 hasil pleno. Tidak bisa, kitorang ini so lama ba tunggu, tapi, pak datang-datang langsung ambe D1 hasil,” tegas saksi Partai Gerindra kepada Suharto Yinata. 

Kericuhan saksi Parpol dengan Caleg Hanura tersebut bisa diatasi oleh pihak keamanan dari Danramil 1308-01 Luwuk bersama Personil Polres Banggai. 

Akhirnya, Caleg Hanura, Suharto Yinata langsung meninggalkan lokasi Kantor Kecamatan Luwuk Utara. 

Kericuhan tersebut sudah beredar ke group para saksi, terlihat sejumlah simpatisan Parpol dan Caleg lainnya mendatangi Kantor Kecamatan Luwuk Utara. 

Atas kericuhan itu, desakan para saksi dan simpatisan Parpol agar PPK Luwuk Utara untuk segera menggelar rapat pleno. Para saksi desak segera membagikan D1 hasil.

PPK Luwuk Utara langsung membagikan D1 hasil kepada para saksi Parpol yang memiliki mandat. 

Sekira pukul 16.15 Wita, situasi Kantor Kecamatan Luwuk Utara aman terkendali.

Pukul 16.25 Wita, PPK Luwuk Utara langsung menggelar rapat penetapan. RUM

Pos terkait