Ribuan Pedagang di Toili dan Toili Barat Terima Bantuan Tunai Pangan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Polres Banggai kembali menyalurkan Bantuan Tunai Pangan (BTP) untuk ratusan warga Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Pelaku Usaha Warung.

Penyaluran BTP kali ini diberikan kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Toili dan Toili Barat (Tolbar), Kabupaten Banggai pada Jumat (29/4/2022).

Bacaan Lainnya

Untuk kegiatan penyaluran BTP kepada warga Toili dilaksanakan di Balai Desa Rusa Kencana, sedangkan untuk warga Tolbar di Mako Polsubsektor Tolbar.

“Untuk di Toili dan Tolbar targetnya sebanyak 1.065 orang, namun yang tersalur hanya 1.036 orang saja. Warga tidak datang sudah keluar kota dan sakit, karena BTP ini tidak bisa diwakilkan,” terang Kasi Humas Polres Banggai AKP Haryadi SH.

Sebelumnya, Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH, mengungkapkan, bantuan ini dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai bentuk dukungan bagi para pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro di tengah Pandemi Covid-19.

Orang pertama di Polres Banggai ini, menjelaskan, besaran nominal bantuan yang disalurkan tersebut sebesar Rp 300.000 per orang, tanpa adanya potongan sepeser pun.

“Jadi kalau ada yang kurang atau terdapat potongan dari bantuan tersebut tolong dilaporkan,” terang mantan Kapolres Sigi Polda Sulteng ini.

Perwira pangkat dua melati ini pun menjelaskan, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk bantuan ini harus segera disalurkan dan tuntas sebelum lebaran Idul Fitri 1443 H.

“Diharapkan bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh penerima. Khususnya menjelang Idul Fitri, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dari pedagang,” harap AKBP Yoga.

Sebelumnya pendataan penerima BTP ini dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dengan melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya data yang terverifikasi akan otomatis diverifikasi oleh aplikasi Puskeu Presisi. (*)