Resmi Digelar, Balap Motor Banggai Cup Prix Diikuti 115 Pembalap

  • Whatsapp
PARA pembalap bersiap di garis star. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka resmi membuka Balap Motor Banggai Cup Prix Tahun 2021, Jumat sore (17/12/2021).

Pembukaan balap motor Banggai Cup Prix ini turut dihadiri Ketua KONI Sulteng, Ketua IMI Sulteng, Wakil Bupati Banggai, Ketua DPRD Banggai, Wakil Ketua DPRD Banggai, Dandim 1308 Luwuk Banggai, dan sejumlah pejabat lainnya.

Bacaan Lainnya

Balap motor ini diikuti sebanyak 115 pembelap handal. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan sejumlah wilayah lainnya.

Ketua Panitia Banggai Cup Prix, Boni Badalu, S.Sos., mengatakan, balap motor ini juga sebagai ajang seleksi atlet jelang menghadapi Porprov yang akan dihelat pada 2022 mendatang di Kabupaten Banggai.

“Sebagai ajang seleksi internal atlet jelang Porprov dan untuk memberikan wadah bagi generasi muda di Banggai dan sekitarnya,” ujar Boni Badalu dalam laporannya.

Menurutnya, sudah hampir delapan tahun tidak ada balap motor di Kota Luwuk. Ini tentunya untuk mengobati kerinduan para pecinta balap motor di Kabupaten Banggai.

“Balap motor ini digelar selama tiga hari, dimulai hari Jumat sampai Minggu. Peserta yang hadir sebabyaj 115 pembalap. Ada dari Kabupaten Banggai, Palu, Sulawesi Tenggara, Manado,” jelasnya.

Tak hanya itu, balap motor juga dimeriahkan pembalap Asia Wawan Welo.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Banggai yang telah mengizinkan tugu Adipura untuk digunakan sebagai lintasan balap. “Alhamdulillah berkat tangan manis pak bupati, event ini bisa dilaksanakan dengan baik. Semoga pak bupati kedepan bisa menyiapkan sirkuit paten di Luwuk,” harapnya.

Ketua IMI Provnsi Sulteng, Hj. Andi Nur B Lamakarate, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Banggai. Balapan motor di Kota Luwuk ini kata dia, adalah salah satu cita-citanya dan hari ini terwujud berkat Bipati Amiruin Tamoreka.

Dalam kesempatan itu, Ia juga membeberkan prestasi balap motor di Pon Papua beberapa waktu lalu. Di mana Sulteng mampu meraih medali perunggu, dan tentunya itu hal yang sangat luar biasa di ajang balap motor.

Ketua KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu juga menyampaikan apresiasi dan bangga terhadap Bupati Banggai yang meraih penghargaan anugera SIWO (Seksi Wartawah Olahraga) di tengah pandemic ini. Suatu kebanggan kata dia, di tengah pandemic hanya ada tiga kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut, dan Bupati Banggai menjadi salah satunya.

Sementara itu, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, dalam sambutannya mengatakan, belum lama ini Kabupaten Banggai baru saja sukses menggelar Tour de Banggai. Berbagai kegiatan olahraga ini digelar semata-mata untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi.

Ia meyakini, kegiatan semacam ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama pada pedadang kaki lima. Apalagi dengan tingginya minat masyarakat menghadiri balap motor bergengsi tersebut.

Adapun Balap Motor tahun 2021 yang diselenggarakan kelas lomba, yaitu Bebek 4T 150 CC Tuneup Terbuka, Bebek 2T 125 CC Standar Terbuka, Bebek 2T 116 CC Standar Terbuka, Matic 130 CC Terbuka, RX King Terbuka, Bebek 4T 150 CC Tuneup Pemula, Bebek 2T 120 CC Standar Pemula, Bebek 2T 116 CC Standar Pemula.

Bebek 2T 120 CC Standar Lokal, Bebek 2T 116 CC Standar Lokal, Matic 130 CC Lokal, RX King Standar Lokal, Bebek 2T Underbone, Vespa Tuneup Terbuka, dan Bebek 2T 116 CC Standar Non Juara Terbuka. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait