RAT Koperasi SMS, Seluruh Petani Sawit Sawindo Harus Diundang

  • Whatsapp
Ilustrasi

BANGGAI RAYA- Para petani yang tergabung dalam Serikat Tani Batui dan selama ini berkonflik dengan Koperasi Sawit Maleo Sejahtera (SMS) sebagai koperasi perkebunan di areal PT Sawindo Cemerlang, meminta agar diundang dalam forum rapat anggota tahunan (RAT) yang informasinya akan digelar pada 16 Oktober 2021.

Permintaan untuk diikutkan dalam rapat anggota tahunan itu disampaikan perwakilan Serikat Tani Batui Widyastuti M Yamin dalam suratnya tertanggal 5 Oktober 2021 yang ditujukan pada pengurus Koperasi SMS.

Bacaan Lainnya

Widyastuti mengatakan, sehubungan dengan penyelenggaraan RAT Koperasi Kebun SMS yang diinformasikan pada tanggal 16 Oktober, maka mereka sebagai anggota maupun calon anggota akan menyampaikan pendapat sekaligus masukan guna terselenggaranya RAT yang berdemokrasi sesuai dengan ketetapan AD/ART. Menurut dia, guna keberlangsungan RAT yang sesuai dengan AD/ART, maka mereka sebagai petani yang berpolemik dengan koperasi berhrap dapat diundang tanpa pengecualian dan tidak dapat diwakilkan oleh pihak manapun guna kuorumnya hasil rapat.

Ia juga menekankan bahwa pendapat dan masukan yang akan disampaikan tetap mengacu pada ketentuan AD/ART.

Surat tersebut juga disertai tembusan pada sejumlah pihak mulai dari Bupati Banggai, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas TPHP, Konsorsium Pembaharu Agraria Sulteng, Front Rakyat Advokasi Sawit dan kalangan media massa.

Belum diperoleh tanggapan pihak Koperasi Kebun SMS terkait surat tersebut, maupun informasi pasti waktu penyelenggaraan RAT.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, konflik antara sejumlah petani dengan perusahaan perkebunan sawit PT Sawindo dan Koperasi SMS belum tuntas hingga saat ini. (*)

Penulis: Iskandar Djiada

Pos terkait