Rasakan Manfaat yang Luar Biasa, Nisda Harap Program JKN Terus Berkelanjutan 

BANGGAI RAYA- Setiap orang pasti ingin selalu merasakan hidup sehat sehingga dapat menjalankan aktivitas dan bekerja dengan bebas tanpa kendala. Oleh karena itu, jaminan kesehatan sangat penting untuk dimiliki. 

Itulah yang dipahami oleh Nisda S Balano (55) warga Kelurahan Hanga-Hanga Permai, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.

Nisda yang merupakan peserta Program JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) saat itu telah selesai melakukan perbaikan data untuk sang anak kemudian menceritakan bagiamana peran Program JKN dalam kehidupannya dan keluarganya.

“Sebenarnya kan kita tidak ada yang berharap sakit, cuma jadi peserta JKN ini adalah usaha kita untuk menjaga diri. Kalau semisal jelek–jeleknya kena sakit atau butuh pelayanan kesehatan, jadi kita sudah ada pegangan,” ungkap Nisda.

Hal ini disampaikan Nisda bukan tanpa alasan, karena dirinya telah merasakan sendiri bagaimana manfaat Program JKN dan bagaimana perannya dalam membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

“Hari ini saya datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk memastikan saya dan anak saya masih aktif menjadi peserta BPJS Kesehatan, karena ini penting sekali untk mengakses pelayanan,” ungkapnya.

Nisda juga menceritakan pengalamannya selama ini sebagai peserta Program JKN yang telah berjasa dalam memberikan jaminan kesehatan yang gratis. 

Pada saat itu, Nisda didiagnosa mengalami stroke ringan yang menyebabkan wajahnya mati rasa sehingga Nisada harus menjalani perawatan. Bersyukur kepesertaan Program JKN menanggung seluruh biaya pengobatan Nisda.

“Beberapa tahun lalu saya sempat didiagnosa mengalami stroke ringan, jadi sebelah wajah saya ini mati rasa dan tidak bisa digerakan, akhirnya saya di rawat dan butuh sampai satu bulan supaya saya bisa normal kembali. Yang luar biasa selama menjalani pengobatan saya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, mulai biaya perawatan sampai dengan obat–obatan semuanya ditanggung. Alhamdulillah sekarang sudah tidak pernah kambuh lagi. Selebihnya sata pakai kepesertaan BPJS saya unutk berobat ringan di puskesmas, misalnya pusing atau demam seperti itu,” terang Nisda.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Toili Sambut Ahmad Ali-Sulianti Murad

Menurut Nisda, pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan sudah semakin baik, kendati dirinya adalah peserta Program JKN Nisda mengungkapkan tidak ada perbedaan pelayanan yang dirasakan olehnya dengan pasien lain pada umumnya. Apalagi saat ini makin dimudahkan dengan administrasi yang cukup menggunakan KTP, serta bisa berobat di luar faskes terdaftar. 

Seluruh pelayanan juga aman tanpa kendala yang berarti. “Selama ini tidak ada ya, kalau saya merasakan pengalaman berobat baik baik saja, sudah cukup bagus menurut saya, tidak ada kendala sama sekali selama menggunakan JKN ini untuk berobat. Di puskesmas maupun di rumah sakit saya kira semuanya sama–sama baik,”  ungkapnya.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Nisda juga menyadari menjadi peserta JKN merupakan salah satu bentuk gotong royong dan membantu sesama, di mana peserta yang sehat membantu yang sedang sakit, yang kaya membantu yang miskin ataupun sebaliknya. 

Karena begitu bermanfaat, ia pun berharap agar Program JKN berjalan terus ke depannya. Tak lupa ucapan terima kasih dia haturkan kepada seluruh pihak yang berperan dalam keberlangsungan Program JKN.

“Tentunya mengingat dari manfaat Program ini yang sangat besar kami berharap program ini dapat terus berjalan menemani Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, karena kita betul betul tidak tau kapan kita akan jatuh sakit dan butuh biaya besar untuk berobat. Bagi saya JKN ini adalah jawabannya,” tutup Nisda. (*)

Pos terkait