Rasakan Manfaat Luar Biasa, Irawati Tak Ragu Jalani Perawatan Pakai BPJS Kesehatan

Irawati Noka (48) menjadi satu dari sekian juta orang yang telah merasakan kehadiran dari program JKN. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Hampir satu dekade Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui Program JKN telah memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi para peserta. Irawati Noka (48) menjadi satu dari sekian juta orang yang telah merasakan kehadiran dari program tersebut.

Irawati yang merupakan peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini mengaku telah merasakan dan mengalami sendiri berbagai kemudahan menjadi peserta.

Saat ditemui pada salah satu ruang tunggu rumah sakit di Kabupaten Banggai, Irawati menceritakan kalau dirinya sedang menjalani kontrol perawatan kesehatan akibat penyakit yang sedang dialami.

Sudah sekitar dua tahun dirinya divonis mengidap radang lambung oleh dokter. Sejak saat itu, Irawati terus menjalankan kontrol ke rumah sakit secara berkala. Walaupun harus berobat rutin, dia mengaku tidak pernah khawatir karena telah terdaftar sebagai peserta JKN.

“Saya sudah lama menjadi peserta BPJS Kesehatan. Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya Program JKN. Setiap kontrol atau ketika lambung saya kambuh, saya tidak ragu untuk ke rumah sakit. Akses pelayanan kesehatan di rumah sakit begitu mudah dan saya tidak perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan,” cerita Irawati.

BACA JUGA:  DPRD-Bupati Banggai Sepakati KUA PPAS Tahun 2025

Irawati yang saat ini tinggal di Kelurahan Kilongan, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai ini kemudian mengungkapkan, dia sangat bersyukur menjadi peserta BPJS Kesehatan. Menurutnya pemerintah telah memberikan kepedulian nyata bagi warganya dengan mendaftarkan dirinya, keluarga dan masyarakat yang membutuhkan ke dalam program ini. 

“Sebagai peserta bantuan pemerintah alhamdulillah sekali rasanya. Tentu ini jadi meringankan beban biaya kesehatan keluarga kami. Saya menjadi lebih semangat dan tidak cemas saat sakit lambung itu datang. Kuatkan hati dan jalani dengan modal kartu BPJS di tangan,” ungkap Irawati.

Menurutnya, bukan hanya di rumah sakit, di Puskesmas pun dia dapat merasakan pelayanan kesehatan yang sama baiknya. Apalagi saat ini untuk mendapatkan perawatan menjadi semakin mudah. Dia mengatakan, saat ini ketika ingin mendaftar untuk menjalani kontrol, dirinya hanya dimintai Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk dilihat Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah itu dengan lancar dia pun langsung dapat dilayani.   

BACA JUGA:  Peringati 10 Muharam, Kemenag Bersama Baznas Banggai Gelar Lebaran Yatim

“Selain itu, sekarang saya cukup mengambil satu kali rujukan dari Puskesmas dan nanti akan diperpanjang lagi setiap beberapa bulan. Saya jadi tidak perlu bolak-balik. Pokoknya semakin praktis dan tidak ribet,” kata Irawati.

Irawati menjelaskan, selama mendapatkan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di rumah sakit, diirnya tidak pernah dikecewakan. Respon tanggap dari petugas perawat, pelayanan dokter sampai dengan pemberian obat dilaluinya dengan tanpa ada kendala.

“Sejak pertama kali masuk rumah sakit danhingga mejalani kontrol saat ini, semua pelayanan medis yang saya rasakan masih tetap sama baiknya. Tidak ada perbedaan layanan apalagi diskriminasi,” jelas Irawati

BACA JUGA:  Presiden PKS Instruksikan Kader Menangkan Sulianti Murad di Pilkada Banggai

Dia juga menambahkan, dia sangat kagum dengan pelayanan BPJS Kesehatan yang yang bisa di akses dimana saja. Pasalnya beberapa waktu sebelumnya, dirinya sedang berada di luar daerah untuk mengunjungi kerabatnya, tetapi dia harus segera mendapatkan penanganan kesehatan akibat sakit. Akhirnya dia pun memutuskan untuk segera pergi ke salah satu dokter di Kota Makassar dan ternyata dia pun tetap dapat ditangani dan masuk dalam tanggungan BPJS Kesehatan.

“Tiba-tiba sakit lambung saya kambuh, saya langsung ke dokter praktek dan dapat dilayani sebagai peserta BPJS Kesehatan. Ternyata bisa berobat walupun bukan berada di daerah asal. Bersyukur, saya selalu diberikan jalan dan kemudahan,” tambah Irawati.

Irawati berharap, semoga BPJS Kesehatan bisa selalu ada kedepannya, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang pasti dan terbaik. (*)

Pos terkait