Rapid Test Puluhan Warga Banggai Negatif

  • Whatsapp
Kontak Dekat Positif Covid-19 di 3 Kecamatan

BANGGAI RAYA- Di tengah kekhawatiran warga Kabupaten Banggai, menyusul laporan hasil swab tiga warga positif Covid-19, muncul kabar melegakan dari rapid test atau tes cepat terhadap kontak dekat pengidap covid yang berdomisili di tiga kecamatan, yakni Luwuk, Nambo dan Nuhon. Rapid test terhadap puluhan kontak dekat pengidap Covid-19 menunjukkan hasil non reaktif atau negatif.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai dalam rilis yang disampaikan juru bicaranya Nurmasita Datu Adam, Jumat (15/5/2020), tim gugus melalui sejumlah puskesmas telah melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap semua orang yang menjadi kontak erat dengan tiga warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pada Kamis 14 Mei 2020 jelas Nurmasita, telah dilakukan kegiatan penyelidikan dengan kontak erat tersebut sebanyak 24 orang. Dari total 24 orang itu kata dia, 16 orang telah dilakukan pemeriksaan rapid test pada Kamis itu, dan semua hasilnya negatif atau non reaktif.

Selanjutnya pada Jumat 15 Mei 2020, tim melanjutkan penyelidikan epidemiologi terhadap kontak erat warga yang terkonformasi positif Covid-19, dengan melakukan pemeriksaan rapid test terhadap 14 orang, dan semuanya juga negatif atau non reaktif.

“Untuk mereka yang kontak erat dengan terkonfirmasi positif Covid-19, dilakukan isolasi mandiri di rumah dan pemantauan oleh petugas kesehatan selama 14 hari,” jelasnya.

Sebelumnya, Lurah Bungin Kecamatan Luwuk Mukhtar Kantu yang ditemui media ini mengakui adanya pemeriksaan rapid test terhadap sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif di wilayahnya. Mukhtar menyatakan bahwa petugas Puskesmas Kampung Baru Luwuk, pada Kamis lalu telah melakukan rapid test terhadap enam warga yang merupakan kontak dekat pengidap Covid-19 di kelurahannya. “Rapid test terhadap enam kontak dekat pengidap covid-19.di Kelurahan Bungin, seluruhnya negatif,” kata dia kepada media ini.

Enam kontak dekat yang dirapid test pada Kamis siang, kata dia, terdiri dari tiga orang yang tinggal serumah dan tiga lainnya warga Kelurahan Bungin yang sempat berinteraksi dengan pengidap covid tersebut.

Laporan hasil rapid test itu kata Mukhtar, disampaikan oleh Puskesmas Kampung Baru, yang merupakan bagian dari tim gugus tugas Penanganan Covid-19 di Kecamatan Luwuk.

Ia mengatakan, masih ada satu lagi warga yang sempat kontak dekat dengan pengidap Covid-19 itu dan masih ditunggu untuk menjalani tes cepat.

Informasi hasil rapid test itu juga telah disampaikan melalui pengumuman di rumah ibadah setempat.

Selain melakukan rapid test, Pemda Banggai juga mengerahkan mobil damkar untuk melakukan penyemprotan Disinfektan di jalan poros Kelurahan Bungin. Penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan di sekitar rumah yang didiami pengidap Covid-19.

Lurah Bungin berharap, seluruh warga mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah, selalu menggunakan masker bila keluar rumah, rajin cuci tangan dan menghindari kerumunan.

Pada Kamis siang sebelumnya, Bupati Bsnggai Herwin Yatim menginformasikan adanya tiga warga yang positif Covid-19. Mereka berdomisili di Kecamatan Nuhon, Kecamatan Nambo dan Kecamatan Luwuk. DAR

Pos terkait