Rangking 113 Versi Webometrics Bukti UMLB Diakui Internasional

  • Whatsapp
REKTOR UMLB, Sutrisno K Djawa membuka rapat kerja tahunan kampus hijau, Sabtu (25/9/2021) di Hotel Santika Luwuk. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA- Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) tahun ini masuk peringkat 113 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi webometrics yang dirilis edisi Juli 2021.

Selain itu, kampus hijau di bawah pimpinan Rektor Sutrisno K Djawa juga masuk peringkat 8 sebagai Universitas Muhammadiyah terbaik se Indonesia. Capaian ini, tentunya cukup luar biasa, dan kampus hijau mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi yang diakui level internasional.

Bacaan Lainnya

Hal itu seperti disampaikan Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa saat membuka Rapat Kerja (Raker) UMLB, Sabtu (25/9/2021) di Hotel Santika Luwuk.

“Saat ini seperti dikatakan Ketua BPH, Unismuh Luwuk tidak hanya dikenal di Kabupaten Banggai, tapi juga diakui internasional melalui pemeringkatan webometrics,” ujarnya.

Rektor Sutrisno K Djawa menjelaskan, salah satu indikator pemeringkatan webometrics ini berdasarkan kunjungan orang ke website. “Banyak tulisan-tulisan ilmiah yang dipublikasikan reman-teman kita. Sehingga kita mampu naik peringkat. Dan itu juga berkat usaha dan kerja keras Wakil Rektor I yang membuat SISIRU (Sistem Informasi Terpadu),” jelasnya.

Melihat capaian dan lompatan luar biasa, Sutrisno K Djawa mengajak kepada semua civitas akademika untuk sama-sama menyuarakan #Mobilisasiberkemajuan. Semua potensi yang ada di kampus hijau, perlu dikerahkan untuk membawa UMLB sangat baik dan unggul.

“Kontrak kerja saya sampai tahun 2024. Insya Allah di sisa waktu ini saya bisa merealisasikan semua program kerja. Mari kita bergandengan tangan, berkolaborasi untuk kemajuan institusi kedepan. Karena saat ini dunia digital 4.0 bahkan 5.0. Perlu kolaborasi, bergandengan tangan untuk hasil yang lebih bagus,” harapnya.

APRESIASI

Sebelumnya, Ketua BPH UMLB, Dr. Farid Haluti juga menyanjung keberhasilan Sutrisno K Djawa dalam membahwa kampus hijau tersebut. “Jujur saja, dalam waktu rentan satu tahun ini, sudah banyak perubahan-perubahan atau perbaikan kaitannya dengan Unismuh Luwuk,”sanjung Farid Haluti.

Mantan Rektor UMLB dua periode itu menyebutkan, capaian dan keberhasilan Sutrisno K Djawa selaku rektor mendapatkan banyak pengakuan. Baik itu dari civitas akademika, pemerintah daerah dan masyrakat. Semua ini, tentunya patut disyukuri.

“Bahkan mendapatkan pengakuan dari pemeringkatan internasional (Webometrics) yang mengakui keberadaan UMLB. Ini tentunya patut kita syukuri,” kata Farid Haluti.

Sekadar diketahui, dalam pemeringkatan Webometrics ini, Universitas Indonesia berhasil menempati urutan pertama sebagai perguruan tinggi terbaik se Indonesia.

Urutan kedua ditempati Universitas Gadjah Mada, peringkat tiga diraih IPB University/Bogor Agricultural University, peringkat empat diraih Institut Teknologi Sepuluh Nopember,  dan peringkat lima Universitas Brawijaya.

Kemudian, peringkat enam berhasil diraih Universitas Airlangga, peringkat tujuh diraih Telkom University, peringkat delapan diraih Universitas Andalas, peringkat sembilan diraih Universitas Bina Nusantara, dan peringkat sepuluh ditempati Institut Teknologi Bandung.

Untuk di Kabupaten Banggai sendiri, tentunya juga masuk dalam pemeringkatan Webometrics. Dan untuk Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) berhasil berada di peringkat 113 sebagai perguruan tinggi terbaik se Indonesia. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait