Rakerda KONI Putuskan Kontribusi PON

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah akan menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) pada tanggal 13-14 Maret 2020 ini di Palu.

Wakil Sekretaris KONI Banggai Sugiarto Djanun kepada media ini, Rabu (11/3/2020) mengatakan, rakerda itu akan membahas berbagai hal, terutama terkait kontribusi tiap kabupaten/kota pada kontingen Sulteng yang akan berlaga pada PON di Papua, beberapa bulan mendatang.

Bacaan Lainnya

Untuk penentuan besaran kontribusi ini kata dia, pasti bisa disanggupi oleh Kabupaten Banggai, karena sejak awal sudah ada kesepahaman bahwa besaran kontribusi tidak dibagi rata untuk setiap kabupaten/kota, namun berdasarkan jumlah atlet yang ikut mewakili Sulteng.

Khusus calon peserta PON dari Sulteng menurut Sugiarto, hanya ada tiga atau empat peserta. Bila kontribusinya sekira Rp15 juta per atlet, maka besarannya tentu tidak memberatkan Kabupaten Banggai. Namun ada lagi tambahan pendamping untuk masing-masing atlet itu, seperti pelatih atau unsur cabang olahraga, dan ini tentu harus dipikirkan oleh daerah juga.

Agenda lain kata dia, adalah penentuan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ke-IX Sulawesi Tengah yang akan dihelat tahun 2022 mendatang.

Ia berharap, dari Rakerda KONI Sulteng yang diikuti seluruh perwakilan KONI kabupaten/kota ditambah dengan perwakilan pengurus cabang olahraga tingkat provinsi, semua agenda bisa tuntas dibahas, sehingga siap dilaksanakan.

DANA KONI

Disinggung tentang besaran dana pembinaan olahraga melalui hibah Pemda Banggai Tahun 2020 ini, Sugiarto mengatakan angkanya sebesar Rp1 miliar. Jumlah itu memang lebih kecil dibanding hibah dana pembinaan Tahun 2019 yang mencapai Rp3 miliar. Namun untuk Tahun 2020 ini, belum ada agenda besar keolahragaan yang akan dilaksanakan atau diikuti Kabupaten Banggai, sehingga porsi anggaran itu masih mencukupi. Kegiatan yang dilaksanakan skalanya tidak terlalu besar, seperti kegiatan rutin masing-masing cabang olahraga.

KONI Banggai akan mengusulkan anggaran yang besar pada Tahun 2021 mendatang, sebab ada event Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Banggai, yang diikuti seluruh kecamatan, sebagai sarana persiapan kontingen Banggai menuju Porprov 2022. DAR