Rakercab GAMKI Banggai, Bupati Harap Organisasi Harus Ikut Galakkan Pemberdayaan Potensi Masyarakat

BANGGAI RAYA-Dalam konstitusi organisasi, Rapat Kerja Cabang merupakan konstitusi tertinggi organisasi dimana salah satu muatannya adalah menyusun rancangan program kerja, melaksanakan pemilihan dan menetapkan ketua terpilih, yang mampu dan sanggup untuk melaksanakan amanah. Hal tersebut disampaikan Bupati Banggai melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Banggai Nurdjalal, membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Hotel Dinasty Luwuk, Jumat (14/6/2024).

Bupati Banggai menyebutkan bahwa di era baru dewasa ini, masyarakat harus senantiasa digugah untuk mewujudkan pemberdayaan seluruh potensi yang ada. Oleh karena itu katanya, perlu adanya organisasi non pemerintah yang mampu menggalakkan upaya-upaya komprehensif dalam hubungannya dengan pemberdayaan potensi masyarakat dalam keikutsertaan berpartisipasi dalam pembangunan.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Dikatakan, organisasi Pemuda Kristen merupakan aset penting yang dapat digunakan untuk selalu memotivasi anggotanya untuk ikut serta dalam mewujudkan kemajuan bersama. Berbagai upaya yang telah dirintis, seyogyanya dapat menjadi petunjuk dan bimbingan kepada seluruh anggota masyarakat agar senantiasa mau menyumbangkan tenaga, waktu dan pikirannya untuk kepentingan bersama.

Namun demikian, diingatkan bahwa untuk memelihara dan meningkatkan keberadaan organisasi, perlu diadakan pembaruan di segala bidang, agar fungsi, tugas dan tanggungjawan organisasi tidak mengalami stagnasi atau bahkan kemunduran. Oleh sebab itu bupati berharap agar dalam penyelenggaraan Rakercab GAMKI ini, seluruh komponen organisasi harus bersikap pro-aktif untuk ikut menentukan arah perkembangan organisasi, agar keberadaan organisasi di tengah masyarakat menjadi semakin mantap dan dapat bersinergi secara harmonis dengan unsur masuarakat lainnya dalam mewujudkan percepatan pencapaian kemajuan dan kesejahteraan.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Sementara itu Ketua DPC GAMKI Kabupaten Banggai Ferlin Mongesang pada sambutannya mengajak GAMKI untuk menunjukkan eksistensi sebagai sebuah organisasi pemuda Kristen di Kabupaten Banggai yang mampu dan berani menyuarakan kepentingan-kepentingan masyarakat, gereja serta kepentingan nusa dan bangsa.

Menurut Ferlin, GAMKI berisikan pemuda-pemudi Kristen yang mempunyai potensi luar biasa. Mereka memiliki intelektual, kreatif, inovatif dan adaptif, yang bisa menyatakan dedikasi pengabdiannya melalui karya dan kerja-nyata. Oleh sebab itu Ferlin mengingatkan, sebagai kaum milenial yang berada di tengah era digitalisasi, bahkan revolusi industri 4.0 yang menghadapi kemajuan teknologi yang begitu pesat, kita dituntut untuk bisa beradaptasi bahkan terlibat dan berperan dalam era digitalisasi ini.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Ketua Pelaksana Rakercab GAMKI Rudi Budaya, saat dihubungi menyebutkan, bahwa sebelum pelaksanaan Rakercab telah dilakukan pelantikan Ketua Pengurus Anak Cabang dari 24 kecamatan. Pelaksanaan Rakercab ini katanya, dihadiri oleh peserta berjumlah kurang-lebih 140 orang.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kaban Kesbangpol Kabupaten Banggai Syaifudin Muid, Sekretaris Umum DPP Alan Christian Singkali, Ketua DPD GAMKI Sulawesi Tengah Tomson Tirolemba, Ketua MPH Sinode GKLB Pdt. Moses Hataa, S.Th, M.Pd., Ketua BAMAG Kabupaten Banggai, para Pimpinan Gereja, para anggota GAMKI Kabupaten Banggai, tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat serta beberapa undangan lainnya.**

Pos terkait