Raih UHC, Pemda Kabupaten Banggai Laut Komitmen Dukung Program JKN

BANGGAI RAYA- Kepala Dinas Kesehatan Banggai Laut, Zulkifli Panggato menyebut Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut terus memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Banggai.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan yang diadakan bersama BPJS Kesehatan Kabupaten Banggai Laut pada Rabu (23/08/2023) di Kantor Dinas Kesehatan Banggai Laut.

“Program Jaminan Kesehatan Nasional ini sangatlah banyak manfaatnya bagi masyarakat, dengan mendaftar dan memiliki kepesertaan JKN maka masyarakat sudah merdeka dalam kesehatan, artinya tidak perlu takut lagi berobat ke fasilitas Kesehatan, karena tidak punya uang, tetapi jaminan kesehatan sudah di jamin oleh pmerintah,” kata Zulkifli.

Zulkifli menambahkan capaian UHC yang diraih sangat memberikan dampak yang besar terhadap akses layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di daerah kepulauan seperti Kabupaten Banggai Laut yang mata pencarian dan pekerjaan utama adalah sebagai nelayan dan UMKM kecil.

BACA JUGA:  Kajari Silaturahmi dengan Jurnalis Banggai di Momen HBA ke-64

Untuk itu, Zulkifli menyebut sangat penting untuk tetap memastikan status UHC dari Kabupaten Banggai Laut tetap berjalan sehingga masyarakat Banggai Laut tetap terjamin kesehatannya dan tidak perlu khawatir jika sakit.

Khusus untuk daerah Kabupaten Banggai Laut sudah mencapai UHC sebesar 96.74% di 1 Agustus 2023. Untuk itu, pihaknya terus berkomitmen dalam melanjutkan capaian UHC ini untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Banggai Laut.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa tak kalah pentingnya untuk meningkatkan kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Banggai Laut, sehingga dapat bersama sama dalam melakukan kendali mutu dan kendali biaya untuk keberlangsungan program JKN di Banggai Laut.

“Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana antara BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah tetap menjalin kerja sama dan komunikasi serta koordinasi khususnya dalam hal peningkatan mutu dan kendali biaya sehingga keberlangsungan Program JKN di kabupaten kita ini dapat kita jaga keberlangsungannya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  “Kisruh” Muhammadiyah Vs BSI, Pelajaran Apa Yang Bisa Dipetik?

Sementara itu, Plh Kepala BPJS Kabupaten Banggai Laut, Indria Meliza mengucapkan terima kasih banyak atas kerja sama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut yang sudah mendukung berjalannya Program JKN.

“Terima kasih atas dukungan dan Kerjasama yang baik dari Pemerintah Daerah Banggai Laut yang berjalan selama ini, dimana status UHC saat ini telah dimiliki oleh Kabupaten Banggai Laut, hal ini menjadi bukti kepedulian Pemerintah Daerah untuk menjamin Kesehatan setiap masyarakatnya,” ungkap Indria.

Selanjutnya untuk menjaga keberlangsungan Program JKN, BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Banggai Laut bersama-sama akan melaksanakan beberapa langkah strategis, diantaranya yaitu melakukan pemetaan bagi masyarakat dan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan untuk pendafataran bayi baru lahir.

“Untuk mencapai UHC 98% di tahun 2024 bahwa akan dilakukan pemetaan kepada masyarakat Kabupaten Banggai Laut yang belum memiliki jaminan kesehatan dan selanjutnya akan dilakukan himbauan untuk mendaftar ke Program JKN baik dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Penerima bantuan Iuran (PBI) sesuai segmentasinya masing-masing,” jelas Indria.

BACA JUGA:  Kasus Dugaan Korupsi Talud Gorontalo, Kejari Banggai Masih Hitung Kerugian Negara

Selain itu, turut menggandeng pihak puskesmas untuk percepatan pendaftaran bayi baru lahir dan mengimbau kepala keluarga untuk meningkatkan kesadaran terhadap program jaminan kesehatan keluarganya khususnya untuk ibu hamil agar dapat terjamin di Program JKN dan tidak perlu khawatir saat melahirkan serta mendaftarkan anggota keluarga yang belum terdaftar ke dalam Program JKN.

Harapanya Program JKN di Kabupaten Banggai Laut khususnya dapat terus berjalan serta adanya penigkatan kualitas pelayanan Kesehatan yang dirasakan masyarakat melalui Transformasi Mutu Layanan, sehingga masyakarat di Kabupaten Banggai Laut dapat merasakan manfaat dari Program JKN secara maksimal. (*)

Pos terkait