Raih SAKIP A, Herwin Yatim Sukses Wujudkan ‘Good Governance’ di Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Herwin Yatim dinilai sukses menjadikan tata kelola pemerintahan Kabupaten Banggai menjadi yang terbaik di Provinsi Sulawesi Tengah. Pasalnya, Banggai satu-satunya daerah di wilayah timur memperoleh SAKIP sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang berpredikat A.

Atas keberhasilan tersebut Herwin sukses mewujudkan ‘Good Governance’ di Banggai. Sebuah konsep pemerintahan di sistem demokrasi yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola daerah.

Hal ini juga diakui oleh Kepala BPSDMD Sulteng, Dra. Novalina MM, saat membuka acara PKP (Pelatihan Kepemimpinan Pengawas) angkatan I tingkat Provinsi Sulteng yang diadakan di kota Luwuk beberapa waktu lalu.

“Tata kelola pemerintahan Kabupaten Banggai yang tepat dan baik, menjadi alasan kami melakukan diklat di Kabupaten Banggai ini,” ucap Novalina, saat membuka sambutannya.

Selain itu, Novalia menambahkan alasan mengadakan pelatihan di Banggai agar dapat belajar dari pengalaman Kabupaten Banggai. Sebab Banggai telah menorehkan banyak inovasi dan prestasi di tingkat nasional.

“Dengan jumlah mencapai 200 lebih prestasi, dan yang paling luar biasa adalah meraih prestasi SAKIP dengan nilai A. Tujuan lain pula adalah, agar Pemda Kabupaten Banggai dapat sharing, berbagi pengalaman dan strategi sukses kepada kami semua,” tambah Novalia.

Dalam kesempatan yang berbeda, Bupati Herwin Yatim mengatakan bahwa keberhasilan yang diraih oleh pemerintah daerah Kabupaten Banggai merupakan sebuah proses panjang yang didapatkan melalui hasil kerja keras dari semua lapisan masyarakat.

“Dari ASN, pimpinan OPD, LSM, perangkat desa, tokoh masyarakat, semua saling bersinergi, kompak dan sama-sama mengambil peran untuk mewujudkan Kabupaten Banggai yang semakin baik. Sehingga menjadikan pemerintahan Kabupaten Banggai bersih dan transparan,” ujar bupati berprestasi ini. (*)

Pos terkait