PWI-JOB Tomori Sukses Gelar UKW, 11 Wartawan Dinyatakan Berkompeten

  • Whatsapp
ABADIKAN momen di penutupan UKW Angkatan ke III yang digelar PWI Sulteng dan JOB Tomoril. FOTO: DOK. JOB TOMORI

BANGGAI RAYA- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan Joint Operating body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke III, selama dua hari.

Kegiatan UKW itu resmi ditutup pada Minggu sore (12/12/2021) di Hotel Swiss-Bellin Luwuk.

Bacaan Lainnya

Setelah dua hari mengikuti uji kompetensi wartawan, 11 peserta dari 12 wartawan dinyatakan telah berkompeten. Dengan demikian, 11 wartawan berhak mendapatkan sertifikat sebagai pengakuan dari negara.

“Hasil UKW PWI Banggai, dari 12 peserta, 11 wartawan dinyatakan berkompeten. Satu wartawan belum berkompeten,” ungkap Ketua Penguji UKW, Sayid Iskandarsyah saat mengumumkan hasil UKW.

Dengan lulusnya 11 wartawan, saat ini kata Sayid, wartawan yang telah tersertifikasi mencapai 10.590 orang. “Wartawan yang sudah berhasil atau belum, ini bukan sesuatu yang membanggakan,” kata Sayid Iskandarsyah yang juga Ketua PWI DKI Jakarta itu.

Menurutnya, setelah dinyatakan berkompeten maka ada tanggungjawab yang harus diemban wartawan. Apalagi masyarakat selalu menilai bahwa wartawan serba tahu segalanya.

Kemudian bagi wartawan yang dinyatakan belum berkompeten, diingatkan untuk selalu meningkatkan SPK yaitu Sadar, Pengetahuan dan Keterampilan. “Sering sering membaca, karena wartawan butuh refrensi yang banyak. Bagi yang belum berhasil, ini bukan akhir dari segalanya,” pesannya.

Agus Sudaryanto, Relation Security Comdev & Manajer JOB Tomori, mengatakan, UKW angkatan ke III ini sangat spesial karena dibuka langsung Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka. “Dari penyampaikan Bupati, komitmen sinergitas antara perusahaan dan Pemda, karena kami menilai bahwa media merupakan mitra stategis  kami. Tanpa adanya media, kami bukan apa-apa,” ujarnya, dalam sambutan.

SERAHKAN cendera mata berupa plakat dari PWI Sulteng. FOTO: DOK. JOB TOMORI

Ia berharap, semoga hasil UKW yang berlangsung selama dua hari dan diikuti 12 peserta itu menghasilkan lulusan terbaik. “Saya mohon maaf jika ada kekurangan kekurangan dalam memfasilitasi kegiatan ini dan ini akan menjadi komitmen kita untuk terus menggelar UKW. Karena ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan kapasitas dan terutama profesionalitas wartawan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Humas SKK migas Kalimantan Sulawesi, Faizal Abdi menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan JOB yang telah sukses menggelar UKW. Diharapkan, kedepan kegiatan UKW dapat kembali diselenggarakan. “Wartawan adalah mitra strategis bagi kami, dan kami ingin tumbuh berkembang bersama wartawan,” ucap Faisal.

Sementara itu, Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara, sebelum menutup kegiatan UKW mengatakan, dalam pelaksanana UKW ini bukan hanya sebatas diuji, tapi peserta benar-benar diasah kemampuannya. Sehingga wartawan lulusan UKW ini benar-benar berkompeten.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan cendera mata berupa plakatkepada Agus Sudaryanto, Relation Security Comdev & Manajer JOB Tomori oleh Ketua PWI Sulteng, Mahmud Mattangara, dan kepada Humas SKK migas Kalimantan Sulawesi, Faizal Abdi oleh Ketua PWI DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah. Turut menyaksikan Ketua PWI Banggai, Iskandar Djiada.

Adapun 12 wartawan yang ikut dalam UKW ini adalah Reza Fauzi (Utustoria), Frangky Bano (Banggai Raya), Afrianto Kuamas (Banggai Net, Abdullah (Banggai Raya), Naser Kantu (Luwuk Times), Nasri Sei (Banggai Post, Zulkifli Mangantjo (Dikte News), Irwan Frans Kusuma (Metro Luwuk) Rifan Touk (Luwuk Post), Ramli Djakaria (Kabar Luwuk), Laode Iman Firmansyah (Sangalu), Simson T (Poso Raya). (*)

Pos terkait