Puluhan Warga Siuna Demo PT. Penta Dharma Karsa, Minta Kejelasan Kompensasi!

BANGGAI RAYA- Untuk memastikan kondisi aman, tertib, dan lancar, Polsek Pagimana melakukan pengamanan aksi damai oleh Masyarakat Petani Bersatu Desa Siuna di Kantor PT. Penta Dharma Karsa (PDK), Rabu (3/4/2024) pukul 08.45 Wita.

Dalam aksi damai yang dipimpin oleh Dr. Hasrin Rahim, SH, MH, MM, MBA, MA tersebut masa membawa alat berupa batang kayu dan kawat duri serta roda empat I unit dan roda dua bejumlah 15 unit.

Aksi unras damai oleh sekitar 50 orang ini meminta keseriusan kompensasi lahan pertanian sawah kurang lebih 154,48 Ha sebesar Rp18 Juta / Ha, sesuai dengan surat kesepakatan.

“Mereka menuntut kompensasi terhadap petani sesuai perjanjian yang telah disepakati melalui Pemda Banggai pada 9 Januari 2024,” ujar Kapolsek Pagimana, AKP Makmur, SH.

Kapolsek Pagimana yang memimpin pengamanan menginstruksikan kepada personilnya dalam menjalankan tugas PAM tetap humanis.

“Kami mendampingi dan mengawal aksi ini dan mengimbau kepada para pengunjuk rasa agar dalam menyampaikan aspirasinya dengan tertib dan tidak rusuh serta bisa berkoordinasi secara baik,” himbaunya.

Setelah menyampaikan aspirasinya, pukul 12.30 masa aksi membubarkan diri dan kembali ke rumahnya masing-masing, sambil menunggu keputusan perusahaan lebih lanjut.

“Hasil mediasi bahwa masyarakat tetap melakukan pemalangan jalan PT. PDK menuju pelabuhan Jetty sambil ada keputusan pembayaran kompensasi tersebut,” tukas Makmur. (*)