Puluhan Warga Salangano Totikum Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

  • Whatsapp
Warga Desa Salangano tengah menjalani vaksinasi dosis pertama yang dipantau langsung oleh Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel,Serma J Ferry. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Sebagai upaya dalam mendukung percepatan vaksinasi, Koramil 1308-10/Salakan, Kodim 1308 Luwuk Banggai menggelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Salangano, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan, Jumat (19/11/2021).

Vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum di desa setempat itu dilaksanakan berdasarkan sesuai surat edaran mulai dari merujuk Surat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI hingga Surat Telegram Pangdam XIII/Merdeka No ST/4097/2021 Tanggal 8 November 2021, tentang Perintah Agar Melaksanakan Serbuan Vaksinasi Kodam XIII/Mdk secara serentak di Wilayah Kodam XIII/Mdk yang dilaksanakan pada 18 sampai dengan 19 November 2021.

Bacaan Lainnya

Kegiatan vaksinasi ini diawali dengan penyampaikan secara teknik pelaksanaan vaksinasi dan dampak yang terjadi usai divaksin oleh dokter Umum PKM Totikum, dr. Nofayanti G. Inde. Untuk vaksinasi ini, berlangsung hingga Pukul 16.20 WITA.

Sebanyak 64 warga berhasil tervaksin dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 ini. Semuanya menjalani vaksinasi dosis satu dengan jenis vaksin terdiri dari vaksin Astrazaneka menyasar 40 orang dan vaksin Prizer menyasar 24 orang.

Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel, mewakili Danramil 1308-10/Salakan, Serma Ferry yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, setiap peserta yang akan melaksanakan  vaksinasi, sebelumnya harus lulus dari proses scrining oleh petugas tim vaksinator. Ada 14 pertanyaan yang harus dijawab oleh sasaran calon vaksinasi, dan kemudian menandatangani surat bersedia divaksin dengan dosis 0,5 ml/orang.

Serbuan vaksinasi Kodim 1308/LB melalui Koramil 1308-10/Salakan di wilayah Kecamatan Totikum ini dilaksanakan selama dua hari yang dimulai sejak tanggal 18 sampai 19 November 2021 dan kegiatan berjalan lancar. “Setelah dilakukan vaksinasi tahap I, selanjutnya akan tetap dilanjutkan vaksinasi tahap II dengan waktu minimal 28 hari dengan menggunakan vaksin jenis yang sama pada saat divaksinasi dosis 1,” jelas Serma Ferry.

Kemudian, bagi sasaran vaksinasi yang belum tervaksina, akan tetap dilakukan serbuan vaksinasi oleh tim vaksinator PKM Totikum bekerjasama dengan Lintas Sektor di wilayah Kecamatan Totikum.

Serma Ferry menuturkan, selama berlangsung pelaksanaan serbuan vaksinasi, unsur TNI-Polri terdiri dari Koramil 1308-10/Salakan dan Polsek Totikum tetap melakukan pengamanan jalannya kegiatan sampai selesai, dan pelaksanaan Vicon Zoom Meeting serbuan vaksinasi hari ke 2 ( dua ) oleh Kodam XIII/Merdeka dengan jajaran Kodim 1308/LB melalui Koramil 1308-10/Salakan di wilayah Kecamatan Totikum, itu berjalan dengan lancar, tertib, aman terkendali dan situasi kondusif.

Turut hadir dalam kegiatan serbuan vaksinasi ini yakni Camat Totikum, Marselinus Nukak, S.Sos., dokter umum PKM Totikum, dr. Nofayanti Geong Inde, Ps. Kanit Sabhara Polsek Totikum, Bripka Muh. Hasbi, Ps. Kanit Intelkam Polsek Totikum, Bripka Harmawansyah, Bhabinkamtibmas Polsek Totikum Polres Bangkep, Briptu Ariel Rantu, Kades Salangano, Musriadi Achmad, Tim Vaksinator lima orang dan sasaran vaksinasi. (*)

Pos terkait