Puluhan Rumah Warga Dodung Banggai Laut Terendam Banjir

BANGGAI RAYA- Hujan yang terus mengguyur dan kondisi drainase yang buruk mengakibatkan banjir meluap ke pemukiman warga di Kelurahan Dodung, Kecamatan Banggai, Banggai Laut (Balut).

Banjir yang merendam puluhan rumah warga dan juga jalan poros itu terjadi pada 1 Agustus 2020, sekitar 16.45 WITA. Banjir juga bertepatan dengan air pasang laut.

Danramil-08/Banggai Kapten Inf Selumiel melaporkan, hujan deras terjadi sejak jam 05.25 subuh hingga sore hari Pukul 16.30 WITA. Pada Pukul 16.15 WITA, air saluran meluap di Kelurahan Dodung.

“Ini diakibatkan oleh saluran air yang buruk dan dipenuhi dengan sampah-sampah rumah tangga, sehingga air hujan yang datang dari wilayah pegunungan tersumbat, serta air pasang laut yang menghambat mengalirnya air dari drainase,” ujarnya.

Akibatnya kata dia, jalan poros kabupaten sepanjang sekitar 400 meter, dan 60 rumah warga ikut terendam banjir. Ketinggian air yang merendam pemukiman sekitar 25-40 cm dan di jalan poros mencapai ketinggian sekitar 20-25 cm.

Pada pukul 17.20 Wita, luapan air yang merendam jalan poros dan pemukiman penduduk kembali surut secara perlahan. “Jam 18.00 Wita, jalan poros dan pemukiman penduduk telah kembali normal,” terangnya.

Atas banjir itu, aparat TNI-Polri dari Koramil 1308-08/Banggai dan Polsek Banggai, melakukan pemantauan dan pengamanan di lokasi kejadian serta siap membantu masyarakat jika terjadi perkembangan dilapangan.

“Kami tetap siaga bencana jika terjadi hal-hal yang menonjol terkait bencana alam banjir dan lain-lain, serta selalu berkoordinasi dengan Forkopimcam dan unsur terkait lainnya,” pungkasnya. JAD

78 Pengunjung membaca berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!