Puluhan Peserta Ikuti Orientasi TPK di Bokan Kepulauan Balut 

BANGGAI RAYA – Menindaklanjuti kegiatan orientasi tingkat kabupaten, untuk tingkat kecamatan, Kecamatan Bokan Kepulauan (Bokep) Kabupaten Banggai Laut (Balut) adalah yang pertama melakukan orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) tingkat kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di Balut. 

Kegiatan yang dipusatkan di gedung BPU desa Bungin Balut itu dilaksanakan pada Jumat (1/3/2024) dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Camat (sekcam) Bokep, Hamade. 

Diketahui, Orientasi TPK merupakan upaya peningkatan sumber daya bagi kader KB, kader PKK dan tenaga medis (bidan) yang tergabung dalam Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

Hadir dalam kegiatan itu Penata Kependudukan dan KB Dinkes, P2KB Balut, Rahmad Abd. Karim, Ketua IPeKB Balut, Wiji Lestari dan koordinator PLKB Bokep, Lukdin. 

Peserta yang direncanakan hadir sebanyak 48 orang dari enam belas desa se Kecamatan Bokep. 

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

Tapi karna cuaca lagi ekstrim maka tiga desa yang berbatasan lansung dengan Provinsi Maluku Utara yakni desa Timpaus, Kasuari dan Sonit (Tikson) tidak bisa hadir.

Di kegiatan ini tiap desa menghadirkan tiga orang peserta yang terdiri dari Bidan desa, PKK dan Kader KB desa. 

Kepada media ini, Ketua IPeKB Balut, Wiji Lestari di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan orientasi di tingkat kecamatan ini bertujuan agar TPK di tiap desa dapat melakukan pengisian verifikasi dan validasi terhadap keluarga berisiko stunting. 

BACA JUGA:  Terdakwa Korupsi, JPU Kejari Banggai Tuntut Mantan Kades Matabas 4 Tahun Penjara dan Bayar Uang Pengganti Rp592 Juta

“Dan peserta juga bisa mengunakan dengan baik elektronik siap nikah dan hamil berbasis androit, website dan mengunakan paper base,” kata Wiji Lestari. 

Masih kata dia, peserta juga di akhir kegiatan akan di lakukan post test untuk mengukur seberapa jauh pemahamannya dalam penyerapan materi yang telah di berikan. Asw

Pos terkait