PTMT Diberlakukan, Lapak Seragam Sekolah Dipadati Warga

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Sejak Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah membuka kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi satuan pendidikan di daerah ini.

Dibukanya PTM terbatas memberikan harapan baru bagi para pengusaha penjualan pakaian sekolah di Pasar Sentral Luwuk dan Pasar Simpong, Luwuk Selatan serta wilayah lainnya.

Bacaan Lainnya

Seperti amatan Banggai Raya, Kamis (23/9/2021) kemarin, di lapak Pasar Simpong, puluhan warga dari berbagai wilayah Kota Luwuk memadati lapak tersebut. Kehadiran warga itu untuk membelikan pakaian sekolah bagi anak-anaknya.

Diketahui, sekira 2 tahun para peserta didik bergelut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ), belajar dalam jaringan (Daring) atau online. Ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di lingkungan sekolah.

Selama itu, ada perubahan perkembangan tubuh para peserta didik, sehingga membuat pakaian sekolah mereka menjadi kekecilan.

Seperti yang dibenarkan salah seorang ibu rumah tangga berasal dari Desa Boyou, Kecamatan Luwuk Utara yang turut mencarikan pakaian sekolah bagi anaknya yang sekarang duduk di kelas V SDN Inpres Boyou.

“Semua baju sekolah anak saya sudah sempit, sudah tidak ada yang pas. Maka, saya harus membelikan baju sekolah yang baru, sebab anak saya Senin depan sudah masuk sekolah. Termasuk sepatunya, topi dan dasi, serta buku tulis,” kata ibu ini.

Sementara itu, Pemilik Lapak Menis Tailor, Pasar Simpong, Luwuk Selatan mengaku, awal masuk sekolah bagi para peserta didik di masa Pandemi Covid-19 ini, sangat membuka peluang usahanya untuk berlanjut kembali.

“Ya, Senin kemarin saja, saya sangat kewalahan melayani warga yang ingin mencarikan baju sekolah anak-anaknya. Alhamdulillah, lumayan pendapatannya, karena anak-anak mulai bersekolah,” kata pemilik lapak ini kepada Banggai Raya, di Pasar Simpong.  

Untuk di ketahui, Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai telah merekomendasikan sejumlah sekolah mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta di wilayah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah.

Sesuai surat edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai Nomor 1740.a/800/Disdik, tertanggal 15 September 2021 tentang Rekomendasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Tahap 1. (*)

Penulis: Rum Lengkas

Pos terkait