PT MGM Berencana Tambang Batu Gamping di Mantoh dan Lamala Banggai

BANGGAI RAYA-PT Moramo Gamping Makmur atau MGM, berencana melakukan penambangan batu gamping di Kecamatan Mantoh dan Lamala, Kabupaten Banggai.

Rencana penambangan batu gamping itu terungkap dalam rapat yang digelar Bagian SDA Setda Banggai, bertempat di ruang rapat khusus Kantor Bupati Banggai, Selasa (16/1/2024).

Bupati Banggai Amirudin didampingi Asisten II Setda Banggai Ferlin Monggesang memimpin rapat rencana kegiatan penambangan penggalian batu gamping dan sarana penunjangnya di Desa Nipa Kecamatan Lamala dan Desa Pondan serta Sobol Kecamatan Mantoh, Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Perindo Laporkan Dugaan Kecurangan Pemilu di Toili Barat Banggai

Pada rapat presentasi atau paparan PT Moramo Gamping Makmur yang merencanakan melakukan usaha penambangan batu gamping itu, Bupati Banggai Amirudin menyampaikan kepada perusahaan untuk menyusun dulu dokumen lingkungan, sehingga bisa mengetahui dampak positif dan negatif atas kegiatan penambangan batuan tersebut. Perusahaan tidak boleh melakukan aktivitas penambangan sebelum memiliki izin lingkungan dan perizinan lainnya.

BACA JUGA:  Dinkes P2KB Balut Gelar Pelatihan Orientasi TPK Berbasis e-Learning

Pemerintah daerah kata bupati, sangat terbuka terhadap investasi karena akan membawa peningkatan perekonomian masyarakat dan meningkatkan PAD melalui penerimaan Pajak Mineral Non Logam, namun tetap dilakukan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

BACA JUGA:  Gunakan Kapal Penumpang, Kabupaten Banggai Laut Antarpulaukan Ratusan Boks Ikan Setiap Hari

Hadir dalam rapat ini antara lain asisten I Setda Banggai Nurjalal, Kadis PMD, Kabag SDA beserta jajarannya, Kadis DLH, Kabid Perkimtan, Kabag Tapem Setda Banggai, jajaran PT Moramo Gamping Makmur serta undangan lain.**