PT ANI Siap Penuhi Berbagai Kewajiban

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Manajemen PT Aneka Nusantara Internasional (ANI), perusahaan nikel yang beroperasi di Kabupaten Banggai menyatakan siap memenuhi berbagai kewajiban sesuai peraturan, termasuk sejumlah hal yang telah dinyatakan Pemda Banggai. Hal itu disampaikan Humas PT ANI, Moh Syofyan Lamato, kepada wartawan, Senin (30/3/2020) di Luwuk.

Moh Syofyan Lamato

Seperti surat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai yang dilayangkan kepada pimpinan perusahaan pada pekan lalu, terkait dengan permintaan bukti pencatatan tenaga kerja berstatus perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) dan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), termasuk jumlahnya.

Bacaan Lainnya

Begitupula dengan data jumlah vendor atau sub kontraktor, bukti pelaporan jenis pekerjaan yang diberikan pada vendor, bukti perjanjian pemborongan pekerjaan, bukti perjanjian penyediaan jasa pekerja, hingga dokumen tenaga kerja antar kerja antar daerah, juga akan segera dipenuhi oleh pihak perusahaan.

Menurut pria yang akrab disapa Opan, sebagai perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Banggai, PT ANI tentu menghormati berbagai ketentuan yang telah disampaikan pemerintah daerah melalui sejumlah suratnya.

Terkait dengan keberadaan tenaga kerja, ia mengatakan selama ini memang ada vendor atau sub kontraktor yang menangani urusan tersebut. Namun setelah munculnya surat dari Disnaker maupun dari kepala daerah, maka PT ANI akan memperbaiki pelaporan, sebab ada miskomunikasi terkait pelaporan tenaga kerja pada pemerintah daerah.

Sementara menyangkut dokumen lingkungan kata Syofyan, Direktur PT ANI Denny Kurniawan dalam surat pernyataannya, telah menegaskan kesanggupan untuk melengkapi seluruh dokumen lingkungan, serta akan menyampaikan laporan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan setiap semester atau enam bulan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai. Hal itu sebagai tindak lanjut atas surat Dinas Lingkungan Hidup kepada PT ANI pada tanggal 6 Maret 2020 lalu.

Terkait dengan upaya pemerintah daerah yang saat ini tengah gencar mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, PT ANI juga tak tinggal diam. Pada akhir pekan lalu, PT ANI bekerja sama dengan tenaga kesehatan di Bunta, juga melakukan upaya pemeriksaan kesehatan karyawannya, termasuk kru kapal yang mengangkut galian nikel yang akan dibawa ke lokasi pemurnian. Sementara terhadap warga sekitar, perusahaan juga juga melakukan aksi sosial terhadap sejumlah sarana umum di Bunta, seperti rumah ibadah dan kantor kelurahan. Kegiatan sosial itu antara lain dilakukan dengan penyemprotan disinfektan.

Sementara di Luwuk, PT ANI bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, juga mengadakan peralatan cuci tangan untuk umum, dengan menempatkannya di area halaman Masjid Agung Luwuk. Ia berharap, warga bisa memanfaatkan sarana seperti itu, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai wujud pola hidup bersih dan sehat. DAR