PSU dua TPS di Banggai, Pemilih ‘Modal KTP’ Tak Dilayani

BANGGAI RAYA-Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di dua TPS di Kabupaten Banggai pada Sabtu (24/2/2024), yakni TPS 2 Kelurahan Karaton dan TPS 12 Kelurahan Luwuk, mendapatkan perhatian banyak pihak. Bahkan komisioner KPU Banggai dan Bawaslu Banggai terlihat melakukan pemantauan langsung.

Petugas kepolisian dan TNI juga melakukan pengawasan di kedua lokasi itu. Antusias warga memilih maupun warga lain yang menyaksikan PSU juga cukup besar.

BACA JUGA:  Kapolres Banggai Jalin Silaturahmi Bersama Jurnalis

Terkait hak memilih, komisioner KPU Banggai Budi Sastra mengatakan bahwa warga yang bisa menggunakan hak pilihnya dalam PSU adalah mereka yang telah terdaftar dalam DPT dan DPTb serta daftar pemilih khusus (DPK). DPK adalah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb, namun saat pemilihan 14 Februari lalu, sudah datang atau melaporkan diri di KPPS dengan membawa KTP, sehingga sudah terdaftar sebagai DPK.

BACA JUGA:  Pemda Banggai - BSI Lanjutkan Kerja Sama Layanan Perbankan Syariah

Menurut Budi Sastra, mereka yang hanya ‘bermodal KTP ‘ tidak bisa dilayani, kecuali sudah terdaftar dalam DPK saat pemilu 14 Februari lalu.

BACA JUGA:  Kajari Silaturahmi dengan Jurnalis Banggai di Momen HBA ke-64

Untuk pemilih yang sakit, Komisioner KPU Mahmud mengatakan bahwa nanti petugas KPPS akan mendatangi mereka, sepanjang namanya sudah terdaftar dalam DPT dan DPTb. DAR

Pos terkait