Produk UKM Binaan JOB Tomori Ditampilkan Pertamina Hulu Energi di IPA Convex ke-47

BANGGAI RAYA-Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition atau IPA Convex ke-47 yang digelar di ICE BSD Serpong Tangerang Selatan pada 25-27 Juli 2023, dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan migas dan pendukung industri migas untuk mempublikasikan berbagai kegiatan eksplorasi hingga eksploitasi migas.

Bahkan lebih dari itu, ada juga sejumlah perusahaan migas yang memamerkan produk usaha kecil menengah (UKM) mitra binaan perusahaan. Salah satunya adalah PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

Di booth PHE itu, sejumlah produk binaan unit usaha Pertamina, mengisi etalase yang disiapkan. Di etalase itu, terlihat pula produk UKM herbal binaan Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori), yakni sari kunir putih. Sari kunir putih ini diproduksi sejumlah ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok usaha Kalisbatan di Desa Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

JOB Tomori sendiri merupakan perusahaan hulu migas di bawah pengawasan SKK Migas. Perusahaan yang memproduksi gas bumi ini merupakan kerja sama Pertamina Hulu Energi dengan Medco E&P, dan mengelola blok Senoro di Sulawesi Tengah.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Mengiringi perjalanan usahanya, JOB Tomori juga melaksanakan sejumlah program tanggung jawab sosial dan lingkungan di sekitar wilayah operasinya. Di antara program itu, terdapat UKM seperti Kalisbatan yang mengelola dan menghasilkan berbagai produk. Selain sari kunir, juga terdapat sari jahe, sari temulawak, virgin coconut oil dan sebagainya.

Momen IPA Convex ke-47 yang digelar di ICE BSD Serpong, kembali dimanfaatkan PHE dan melibatkan sejumlah unit usahanya, termasuk JOB Tomori. Pengunjung booth PHE bahkan bisa langsung menyicipi aneka minuman herbal yang telah diseduh, termasuk produk UKM binaan JOB Tomori.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Pada kegiatan yang diikuti perwakilan kelompok binaan JOB Tomori, ibu Marinah dari UKM Kalisbatan meraih tiga penghargaan, yaitu penghargaan bidang CSR, kemudian penghargaan barkode terbanyak dan penghargaan kerapian stand.

Sebagai kelompok usaha masyarakat, keterlibatan mereka di ajang pameran berskala nasional yang diikuti perwakilan perusahaan nasional dan mancanegara yang beroperasi di Indonesia itu, tentu disambut positif. DAR/**

Pos terkait