Porprov ke-IX Resmi Dimulai, Target Sulteng Emas 2024 Menggema

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-IX Sulawesi Tengah resmi dimulai Sabtu malam (10/12/2024) ditandai dengan penyalaan api Porprov di kaldron oleh Alan Nuari, karateka Banggai yang pernah meraih restasi hingga di kejuaraan internasional.

Porprov yang akan berlangsung hingga tanggal 17 Desember 2022 mendatang, mempertandingkan 24 cabang olahraga dan diikuti lebih 3000 atlet dari 13 kabupaten/kota se Sulteng. Target Sulteng Emas 2024 juga menggema pada pembukaan Porprov tersebut.

Bacaan Lainnya

Saat membuka Porprov, Wagub Sulteng Ma’mun Amir mengatakan bahwa olahraga untuk mengangkat harkat dan martabat daerah. Karenanya, seluruh pengurus KONI agar bergerak cepat demi mengembangkan dan membangkitkan prestasi olahraga, sehingga target Sulteng Emas 2024 bisa tercapai.

Sebelumnya, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengatakan bahwa Porprov bukan hanya untuk berkompetisi, tapi untuk menjalin silaturahmi sesama daerah di Sulteng. Sehingga ia mengingatkan agar seluruh atlet terus menjunjung tinggi sportivitas. Harapannya agar prestasi olahraga meningkat dan Sulteng Emas bisa tercapai.

Hal senada juga disampaikan Ketua KONI Sulteng Moh Nizar Rahmatu. Ia mengatakan, semangat Rusdi Mastura, Gubernur Sulteng untuk meraih Sulteng Emas 2024, semoga bisa tercapai. Dan Porprov ini adalah salah satu upaya pembentukannya.
Kepada seluruh dewan juri dan wasit, ia meminta agar bersikap profesional.

Sebelumnya, ketua panitia Porprov ke-IX Syarifudin Abas, melaporkan bahwa kegiatan ini mempertandingkan 24 cabang olahraga. Porprov ini dibiayai dari hibah APBD Sulteng sebesar Rp10 miliar, hibah APBD Banggai sebesar Rp8 miliar lebih dan APBD Banggai untuk pembangunan dan renovasi venue sebesar lebih Rp6 miliar.

Pembukaan Porprov berlangsung meriah disaksikan ribuan warga, apalagi disertai penampilan pelajar yang membawakan tarian Banggai Sambatu. DAR

Pos terkait