Ponpes TUQ Sembelih 5 Sapi dan 3 Ekor Kambing Kurban

  • Whatsapp
Pondok Pesantren Tahfidz Ummul Quran Luwuk berkurban hewan ternak. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA– Pada Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi ini, Pondok Pesantren Tahfidz Ummul Quran (TUQ) Luwuk melaksanakan pemotongan hewan qurban sebanyak 8 ekor, yaitu hewan sapi 5 ekor dan kambing 3 ekor. Pemotongan hewan qurban ini dilakukan di Pondok PTUQ Luwuk usai salat ied, Selasa (20/7/2021).

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Ummul Quran Luwuk, Ustad. M. Taufiqqurahman mengaku bersyukur bahwa PTUQ bisa berqurban hewan ternak di hari raya Idul Adha 1442 H ini. “Alhamdulillah Idul Adha 1442 H ini ada 5 ekor sapi, dan 3 ekor kambing. Dan akan kami lakukan di pondok usai salat ied, sekira pukul 09.00,” kata Ustad M. Taufiqqurahman kepada Banggai Raya via telepon.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, prioritas pertama untuk mendapatkan daging hewan qurban adalah peserta. Kemudian prioritas kedua adalah para santri yang mukim maupun yang tidak mukim, mampu atau tidak mampu orang tuanya, ikut jadi peserta qurban atau tidak.

Kemudian orang tuanya mampu atau tidak, mereka tetap akan mendapatkan bantuan daging hewan qurban. Para penerima hewan qurban akan dibagikan kupon. Sebab hewan sapi berjumlah 5 ekor, jadi sekitar 200 lebih kupon telah dibagikan.

“Kalau tidak salah ada 250 kupon, jadi yang prioritas pertama adalah peserta qurban, yaitu santri, warga sekitarnya, kemudian sebagian warga tanjung yang kena dampak. Kita juga berikan kepada pesantren-pesantren, antara lain Pesantren DDI Kilongan Permai, nanti kita akan kirimkan hewan qurbannya,” ujarnya.

Ustad Taufiqqurahman berharap, yang pertama karena hewan qurban itu adalah syariah, merupakan sunnah Rasul. Supaya umat Islam mau mendapatkan nilai pahala, takwa sebagaimana firmas Allah SWT, Allah SWT tidak akan meminta darah dan dagingnya, tapi yang diharapkan Allah SWT adalah kualitas takwa.
Harapan pertama itu kata dia, untuk memberikan motivasi kepada peserta qurban, dengan diawali dari pengurus pondok bersama keluarga demi memberikan contoh berqurban.

“Harapan kita ingin mendapatkan predikat kualitas takwa yang diharapkan Allah SWT. Itu harapan kami pertama. Harapan kami kedua, agar kita bisa bermanfaat bagi warga, santri disekitarnya. Ini merupakan qurban di tahun keenam. Kita memang memiliki sahabat ummul quran, dari dulu sudah ada sahabat ummul quran,” katanya.

Yang ikut berqurban di Pondok PTUQ Luwuk juga akan mendapatkan daging qurban. Ia mencontohkan,  Apotek Al Kautsar Luwuk sebanyak satu ekor sapi, nah dagingnya juga akan diberikan kepada karyawan. Apotek Al Kautsar Luwuk mendapatkan 35 kupon.  Jadi bisa bermanfaat bagi warga atau karyawan yang menjadi peserta qurban. 

“Jadi kita tidak mencari. Alhamdulillah mereka datang sendiri menyerahkan hewan qurbannya. Mereka bukan donatur tetap, terkadang dadakan. Mereka itu adalah pencinta ummul quran, atau sahabat ummul quran. Ada 2 peserta qurban yang masing-masing 1 ekor sapi, yaitu Kangen Water dan Apotek Al Kautsar Luwuk. Kangen Water juga mendapatkan kupon, sebanyak 40 kupon. Bukan di monopoli oleh kita panitia qurban di pondok, tidak. Tapi kami ingin memberikan manfaat kepada peserta qurban. Supaya tetangganya juga merasakan manfaatnya.  Tujuan dari pembagian daging kurban tersebut, supaya semuanya menjadi spirit bagi anak-anak yang cinta Alquran itu, supaya mendapatkan berkah dari Allah SWT. Termaksud dengan orang-orang di sekitarnya,” pungkasnya.

Pos terkait