Polisi Ringkus Pencuri Tiga Ekor Ternak Sapi di Balantak Selatan

BANGGAI RAYA- Polisi berhasil membekuk atau meringkus pelaku pencurian tiga ekor ternak sapi di Balantak Selatan, Kabupaten Banggai.

Ia adalah TB alias Gale (62), pelaku pencurian ternak sapi di Desa Tenggawas Kecamatan Balantak Selatan. Pelaku diamankan Tim Resmob Tompotika Polres Banggai.

Terkait kronologis kejadian, Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Tio Tondy menjelaskan, pada Kamis, (5/4/2023), sekitar pukul 19.30 wita, pelaku yang merupakan tetangga satu desa dengan korban tiba untuk mencuri sapi.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

“Saat itu korban datang ke kebun miliknya dan menemukan tiga ekor sapi yang diikat telah hilang,” jelasnya.

Disebutkan, ada warga yang mencurigai dan sempat melihat tindakan pelaku. Pelakunya ada dua selain TB juga ada DK.

Para pelaku yang menggunakan mobil pick up ini menjual sapi tersebut kepada seseorang di Desa Tangeban Kecamatan Masama, Banggai, sebesar Rp 18 Juta.

BACA JUGA:  271 Mahasiswa KKN Unismuh Luwuk Resmi Dilepas, Disebar di Balantak Bersaudara 

Dengan adanya kejadian tersebut, korban kemudian membuat laporan polisi di Mapolres Banggai dengan nomor LP/B/177/IV/2023/SPKT/Polres Banggai/Polda Sulteng, tanggal 10 April 2023.

Kasat Reskrim mengatakan bahwa polisi sempat mengalami kesulitan untuk menangkap pelaku karena setelah kejadian pelaku langsung melarikan diri ke Kota Palu.

“Setelah menjual tiga ekor sapi, pelaku kemudian bersembunyi di rumah anaknya di Kota Palu selama 3 bulan,” katanya.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Balut Antusias Meriahkan Jalan Santai Bersama Bacagub Ahmad Ali 

AKP Tio tondy juga menjelaskan, Petugas yang mendapat informasi bahwa pelaku telah kembali ke rumahnya di Desa Tenggawas, Balantak Selatan dari Kota Palu, langsung bergerak.

“Pelaku diamankan sedang tertidur di kamar rumahnya, pada Kamis (20/7/2023) sekitar jam 23.15 Wita,” imbuhnya.

Tanpa perlawanan, pelaku mengakui segala perbuatannya dan langsung dibawa ke Mapolres Banggai guna pemeriksaan lebih lanjut. (*)

Pos terkait