PKB Banggai Optimis Rebut 3 Kursi Plus, 2024 Fraksi Utuh di DPRD

BANGGAI RAYA-DPC PKB Banggai optimis bisa merebut 3 kursi pada Pemilu 2024 mendatang dan membentuk fraksi sendiri di DPRD kabupaten.

Sikap optimisme tersebut disampaikan Ketua DPC PKB Banggai H Syafruddin Husain, usai proses pengajuan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang akan memperebutkan kursi DPRD Banggai, Sabtu petang (13/5/2023) di media center KPUD.

Berbicara kepada wartawan, politisi yang akrab disapa Haji Udin itu mengatakan, bila pada Pemilu 2019 lalu PKB baru bisa merebut dua kursi, masing-masing satu kursi dari Dapil 1 (Luwuk, Luwuk Timur, Luwuk Utara, Luwuk Selatan dan Nambo) serta Dapil 4 (Kintom, Batui, Moilong, Toili dan Toili Barat), maka ada pemilu mendatang, PKB diyakini bisa menambah minimal satu kursi. Tambahan satu kursi itu diproyeksi dari Dapil 2 yang terdiri dari Pagimana, Bunta, Bualemo, Lobu, Nuhon dan Simpang Raya).

BACA JUGA:  Pemkab Morowali Dukung Program PESIAR dalam Perluasan Kepesertaan JKN

Anggota DPRD Banggai itu bahkan optimis bisa meraih hasil lebih dari 3 kursi. “Hitungan kami sudah 3 kursi plus, sebab ada peluang tambahan di Dapil 1 atau bahkan bisa merebut kursi di Dapil 3 ydng terdiri dari Masama, Lamala, Mantoh, Balantak, Balantak Selatan dan Balantak Utara.

Haji Udin menjelaskan, PKB Banggai memiliki indikator, sehingga bisa merebut 3 kursi plus. Kualitas caleg PKB Banggai saat ini, naik 100 persen dibanding pada pemilu 2019.

BACA JUGA:  Membludak! Kuota PPDB Ponpes Daarul Hikmah Luwuk Terbatas, Untuk Putri Tingkat MTs Resmi Ditutup 

Ia menyebut masuknya nama Michael Tendean, Moh Amin dan Yani Matorang di Dapil 1, jelas memperkuat posisi PKB yang juga memiliki kader Bahtiar Pasman dan saat ini tercatat sebagai anggota DPRD Banggai serta Nawir Samola yang merupakan sekretaris DPC.

Di Dapil 2 juga PKB memiliki caleg potensial yang diyakini bisa merebut suara besar. Sementara di Dapil 3, ada Nokta Ngareng, disamping caleg lain seperti Radia Anggo. PKB bisa merebut kursi di dapil yang hanya menyediakan 4 kursi itu, tergantung partai mana yang mengalami pelemahan.

BACA JUGA:  Selama 2 Hari, SMPN 3 Luwuk Gelar Tes Akademik Bagi Calon Siswa Baru

“Jadi semua caleg PKB memiliki potensi dan peluang untuk merebut suara besar,” tuturnya.
Secara kualitas kata Haji Udin yang didampingi sekretarisnya serta kader lain, PKB telah melakukan sekeksi panjang mulai dari proses rekrutmen di bulan Oktober tahun lalu.

Haji Syafruddin Husain juga memastikan bahwa caleg PKB cukup berwarna dengan latar belakang berbeda dan bisa mewakili kepentingan seluruh elemen di Kabupaten Banggai. DAR

Pos terkait