Pipa PDAM Bocor Akibatkan Longsor, Tiga Rumah Warga Soho Rusak

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Diduga putus atau bocornya jaringan pipa induk milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum atau PDAM Luwuk jalur Batu Tikar-Mangkio, mengakibatkan terjadinya longsor di sekitar pemukiman Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, sekitar Pukul 01.00 Wita, Sabtu (21/5/2022) dini hari.

Ketua RT 1, Qorry Satolom kepada Banggai Raya, mengatakan, akibat longsor itu menyebabkan tiga rumah terdampak yakni satu rumah rusak berat dan satu rusak ringan.

Bacaan Lainnya

Adapun rumah yang rusak berat ini milik Hin Ludong dan rusak ringan adalah kediaman milik Tri Wahyudi dan Ambran Alimu.

“Kerugian dari kejadian tersebut sekitar Rp5 juta. Pak lurah sudah meninjau tadi malam sesaat setelah kejadian . Hingga siang ini belum ada kelanjutan,” kata Qory Satolom.

Kronologis kejadian, yaitu putusnya jaringan pipa induk PDAM jalur Batu Tikar – Mangkio yang berukuran sekitar 10 inci jenis paralon,

Rembesan air yang deras sekali menjadi penyebab longsor. Di mana dua rumah warga yang bagian belakang, rumahnya terendam air dan lumpur dari longsoran tanah tersebut.

Lurah Soho, Wismoyo S. Poma kepada Banggai Raya mengatakan, pasca tanah longsor tersebut, warga yang rumahnya terendam air dan lumpur sebanyak 2 KK dengan jumlah 7 jiwa.

“Lima orang dewasa dan 2 anak-anak. Mereka melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman, atau ke keluarga di Kelurahan Simpong. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini,” katanya.

Langkah yang dilaksanakan sambung Wismoyo, Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai telah melaksanakan Assesment di lokasi bencana dan melakukan pembuatan aliran air yang masih turun dari gunung atau titik lokasi pipa induk PDAM yang putus.

“Kondisi saat ini, volume aliran air dari putusnya pipa induk berangsur mengecil yang dimana dari pihak PDAM Kabupaten Banggai telah melakukan perbaikan di pipa induk tersebut,” tandas mantan Lurah Keleke. (*)

Penulis: Rum Lengkas
Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait