Pimpin SDN 1 Luwuk, Dena Lamato Lakukan Penataan Lingkungan Sekolah

BANGGAI RAYA- Sejak Desember 2023 lalu, memimpin SD Negeri 1 Luwuk, Hj. Dena Lamato, S.Pd, MM mulai melakukan pembenahan dan penataan lingkungan sekolah, seperti melakukan pengecoran halaman dan pengecatan gedung sekolah.

Seperti Rabu (17/1/2024) pagi, Kepala SDN 1 Luwuk yang dilantik oleh Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka pada November 2023 ini melakukan penataan cabang pohon yang berada di depan sekolah, yang telah menutupi atap seng sekolah, sebab bisa merusak bangunan, dan membahayakan warga sekolah.

Siapa yang tidak kenal, Hj Dena Lamato, sejak menjadi Kepala SD Negeri Inpres Buon, Desa Buon Mandiri, Kecamatan Luwuk Utara selama 8 tahun 4 bulan, dengan kreativitas dan inovasinya, bisa menghijaukan lingkungan sekolah tersebut.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan, Kapolres Banggai Programkan SPKT Berbasis IT

Seperti yang disampaikan Ketua Perempuan PGRI Kabupaten Banggai ini kepada Banggai Raya bahwa hal itu bertujuan, agar peserta didik melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) merasa tenang, dan tidak merasa panas.

Serta menanamkan budaya posistif kepada peserta didik, mulai dari keyakinan dan nilai yang disepakati, yang menjadi kebiasaan bersama, akan dilakukan dalam waktu lama. Kemudian, peserta didik harus dididik untuk menjaga kebersihan diri, baik di rumah maupun di sekolah.

BACA JUGA:  Kapolres Banggai Jalin Silaturahmi Bersama Jurnalis

Selain, mewujudkan profil pelajar Pancasila, dengan tujuan aksi nyata yang dilakukan para tenaga pendidik dan kependidikan, yakni menciptakan budaya lokal dan penghijauan di lingkungan sekolah, yang Asri.

“Iya banyak hal yang dirubah, dipoles, diperbaiki, dan diberi kenyamanan bagi semua penghuni sekolah untuk bisa lancar dalam proses pembelajaran. Kalau kemarin, saya masih di sana, sekarang ini saya sudah di sini dengan segudang pekerjaan rumah yang harus dilakukan, tanpa menunggu waktu lama, karena akan membahayakan jiwa dari siswa dan guru. Untuk gerak cepat, saat ini dibutuhkan,” kata Hj. Dena Lamato melalui pesan WhatsApp.

BACA JUGA:  Kepala Deputi Adin dan Bupati Balut Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah

Untuk diketahui, Hj. Dena Lamato, awal diangkat menjadi PNS bertugas menjadi tenaga pendidik di SD Uwedaka, Kecamatan Pagimana. Di tahun 1989 pindah ke SDN 2 Luwuk, tahun 1991 ke SDN 7 Luwuk, Mei tahun 2002 ke SDN Pembina Luwuk.

Kemudian, 6 Juli 2006 pindah ke SD Negeri Unjulan, Kecamatan Luwuk Utara. Dengan berjalannya waktu, pada 22 Agustus 2016 dipercayakan menjadi Kepala SDN Inpres Buon. RUM