Pimpin DPRD Banggai, Golkar Berpeluang Rebut 12 Kursi

BANGGAI RAYA-Partai Golkar yang secara umum memenangi Pemilu di Kabupaten Banggai, dipastikan akan memimpin lembaga DPRD Banggai. Kursi ketua yang sebelumnya dipegang PDIP, kali ini akan dipegang politisi Partai Golkar.

Berdasarkan catatan media ini, dari data yang ditayangkan KPU Banggai melalui website dipadukan dengan data dari berbagai sumber yang diolah media ini, Partai Golkar berpeluang merebut 12 kursi.

Di Dapil 1, Partai Golkar sudah dipastikan merebut dua kursi dan akan ditempati Saripudin Tjatjo dan Panji Tamoreka. Partai ini masih berpeluang menambah kursi dan akan ditempati Agus Damalante, bila pada pembagian suara untuk kursi ketiga, melampaui suara Partai Hanura. Partai Golkar masih bersaing dengan Hanura (Suharto Yinata) di kursi terakhir Dapil 1 itu.

BACA JUGA:  Membludak! Kuota PPDB Ponpes Daarul Hikmah Luwuk Terbatas, Untuk Putri Tingkat MTs Resmi Ditutup 

Di dapil ini, ada PKB satu kursi (Apriyani Dg Matorang), Partai Gerindra dua kursi (Wardani Murad Husain dan Suwardi), PDIP satu kursi (Kartini Akbar) Partai NasDem satu kursi (Batia Sisilia Hadjar) dan PAN (Jodi Prakoso Dayanun).

Di Dapil 2, Partai Golkar juga unggul telak dan memastikan 4 kursi yang akan ditempati Irwanto Kulap, Indry Azis, Lisa Sundari dan Su’dan Latjeno. Di Dapil ini, Partai Golkar juga masih berpeluang menambah satu kursi dan bersaing dengan PDIP untuk kursi terakhir atau kursi kesepuluh.

BACA JUGA:  Apresiasi Kinerja 2023, BPJS Kesehatan Luwuk Beri Penghargaan Pada 5 FKTP, Ini Daftarnya!

Di Dapil 3, Partai NasDem unggul namun hanya berhasil meraih satu kursi untuk Sukri Djalumang, kemudian Partai Gerindra satu kursi untuk Lutpi Sanaduri, Partai Golkar satu kursi untuk Eni Marthen serta PDIP satu kursi untuk I Made Dharma.

Di Dapil 4 dengan 12 kursi, Partai Golkar unggul dan merebut tiga kursi untuk Helton Abd Hamid, Wajidah serta Rika Sarifuddin. PKB dengan satu kursi untuk Syafruddin Husain, Partai Gerindra dengan dua kursi untuk Naim Saleh dan Hari Sapto Adji, PDIP dengan tiga kursi untuk I Putu Gumi, Suprapto dan Sucipto, kemudian Partai NasDem satu kursi untuk Muh Arfan Syahputra, PKS satu kursi untuk Mursidin dan PAN satu kursi untuk H Akmal.

BACA JUGA:  Peringati HUT ke 73, IBI Bekerjasama Dinkes P2KB Balut Gelar Pelayanan KB Gratis

Dari gambaran sementara itu, Partai Golkar berpeluang merebut 12 kursi, Partai Gerindra dengan 7 kursi, PDIP dengan 6 kursi, Partai NasDem dengan 4 kursi, PKB dengan 3 kursi, PAN dengan 2 kursi, PKS dengan 1 kursi.

Meski demikian, jumlah kursi parpol ini masih bersifat sementara serta bukan merupakan hasil rekapitulasi dan penetapan KPU. Karenanya, gambaran ini masih bisa berubah seiring proses rekapitulasi dan penetapan resmi KPU Banggai. DAR

Peluang Kursi DPRD Banggai:

Partai Golkar = 12 kursi

Partai Gerindra = 7 kursi

PDIP = 6 kursi
Partai NasDem = 4 kursi
PKB = 3 kursi
PAN = 2 kursi
PKS = 1 kursi