Pilkades Bumi Beringin Masuk Tahapan Penelitian Berkas

  • Whatsapp
PANITIA Pilkades Bumi Beringin, Kecamatan Luwuk Utara melaksanakan tahap penelitian berkas bakal calon. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Bumi Beringin, Kecamatan Luwuk sudah memasuki tahapan penelitian berkas bakal calon (Balon) kepala desa. Kegiatan tersebut digelar di Sekretariat Panitia Pilkades Bumi Beringin, Senin malam (6/9/2021).

Pilkades Tahun 2021 di Desa Bumi Beringin diikuti lima bakal calon kepala desa. Dari lima calon kades, tiga calon sudah memenuhi syarat, sedangkan dua belum memenuhi syarat.

Bacaan Lainnya

Panitia Pilkades Bumi Beringin memberikan kesempatan kepada bakal calon Kades yang belum lengkap administrasinya untuk segera melengkapinya.

Ketua Panitia Pilkades Bumi Beringin, Aridin Lege mengatakan, yang telah mendaftar untuk bursa Pilkades Bumi Beringin tahun 2021 yang akan digelar pada Desember 2021 mendatang, sebanyak lima orang bakal calon.

“Kegiatan saat ini, yaitu tahapan penelitian terhadap berkas para bakal calon Kades yang belum lengkap. Baru tiga orang Balon Kades yang memenuhi syarat, dan 2 orang calon lagi belum memenuhi syarat. Sehingga kami berikan waktu untuk segera melengkapi persyaratan. Batas waktu yang diberikan panitia sampai tanggal 10 Oktober 2021, itu batas waktu untuk melengkapi persyaratan,” kata Aridin Lege kepada Banggai Raya, Selasa (7/9/2021).

Menurut Dek panggilan akrabnya, tanggal 10 Oktober 2021 itu sudah merupakan akhir dari pengajuan persyaratan. Setelah diteliti berkasnya barulah dapat diketahui bakal calon kades yang akan bertarung.

Pada tanggal 30 Agustus 2021 lalu adalah tahapan pendaftaran bakal calon. Dan tiga orang yang telah memenuhi syarat, yaitu Andin Lege, Engka dan Karno.

Tanggal 8 September 2021 ini, Panitia Pilkades Bumi Beringin kata dia, sudah akan menetapkan daftar pemilih sementara (DPS). Kemudian penetapan DPTB, dan selanjutnya tahapan DPT.

“Sudah penetapan DPS, sementara berjalan. Selanjutnya kita mencocokkan dari Dusun 1, Dusun 2 serta Dusun 3. Pilkades 2021 ini, yaitu masing-masing dusun yang memilih, tidak digabung. Kotak surat suara itu, Insya Allah ada tiga. Sekarang masing-masing dusun, tapi satu di dalam balai desa. Kami, Panitia Pilkades Bumi Beringin mulai bekerja dari pagi hingga malam,” tambahnya.

Pos terkait