PI 10 Persen Strategi Bupati Amirudin Tingkatkan Pendapatan Daerah

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka

BANGGAI RAYA- Pemerintah Kabupaten Banggai terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan terhadap daerah salah satunya dalam pengelolaan Participatong Interest 10 persen dari hasil minyak dan gas bumi.

Dalam pengelolaan minyak dan gas bumi, sebagaimana diatur Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% (Sepuluh Persen) Pada Wilayah Kerja Minyak Dan Gas Bumi. Yang mana pemerintah melibatkan peran serta daerah dan nasional,

BACA JUGA:  Warga Antusias ikut Pemilu PSU di Dua TPS di Kabupaten Banggai

Participating interest (PI) 10% adalah besaran maksimal 10% pada kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang wajib ditawarkan oleh kontraktor pada BUMD atau BUMN.

Keterlibatan daerah dalam pengelolaan WK migas melalui PI 10% memberikan banyak manfaat. Antara lain, memberikan keuntungan atau profit bagi BUMD yang akan menambah pendapatan daerah. Selain itu, memberikan pengetahuan, pengalaman BUMD dalam pengelolaan blok migas sebagai kontraktor.

BACA JUGA:  Kejari Banggai Limpahksn Kasus Dugaan Korupsi APBDes Matabas ke PN Tipikor Palu

Bupati Banggai H. Amirudin mengatakan PI 10 persen sampai saat ini belum jelas. Ia bahkan telah berkoordinasi dengan Kemendagri terkait dengan PI 10 persen tersebut. Karenanya Bupati Amirudin meminta Wagub Sulteng Ma’mun Amir untuk bisa memfasilitasi pertemuan bersama Gubernur dalam membahas PI 10 persen.

“PI 10 persen belum jelas. Saya sudah laporkan ke Mendagri, kami disarankan melengkapi persyaratan untuk penerimaan PI 10 persen. Kami berharap tanggal 7-8 bisa bertemu dengan Pak Gubernur membahas PI 10 persen,” kata Bupati Amirudin dihadapan Wagub Sulteng Ma’mun Amir dalam penyerahan bantuan provinsi di Kabupaten Banggai belum lama ini.

BACA JUGA:  Selama 2 Hari, Unismuh Luwuk Gelar Pelatihan Auditor Mutu Internal

“Insya Allah posisi ini kami dorong terus. Kami berusaha sekuat mungkin. Kalau ini bisa didapatkan, Insya Allah Banggai bisa mendapat anggaran cukup besar sehingga pendapatan daerah bisa bertambah dan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik,” tuturnya. NAL