PHP2D, BEM Faperta UMLB Gelar Pelatihan Pembuatan Kopi Kedelai

  • Whatsapp
BEM Faperta berasama WD 3 Faperta UMLB, Ramdhani Chaniago serta peserta pelatihan mengabadikan momen. FOTO:ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Sejumlah mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) menggelar Pelatihan Pembuatan Kopi Kedelai, Rabu (29/9/2021) di Desa Lauwon, Kecamatan Luwuk Timur.

Pelatihan pembuatan kopi kedelai ini masih dalam rangkaian Program Holistik, Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Adapun sasaran dalam pelatihan ini, adalah Kelompok Usaha Lauwon Mandiri.

Bacaan Lainnya

“Hari ini (kemarin, Red) kami telah melakukan pelatihan pembuatan kopi kedelai dengan sasaran Kelompok Lauwon Mandiri,” ungkap Wakil Dekan III Faperta UMLB, Ramdhani Chaniago, Rabu petang.

Diketahui, dalam pelaksanaan PHP2D ini, BEM Faperta UMLB mengusung tema ‘Pengembangan Komoditi Unggulan di Bidang Pertanian dan Potensi Wisata Gowa’. Kegiatan ini didanai penuh oleh Tim Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbudristek.

Untuk penataan wisata gowa yakni Goa Lia Balano, sudah selesai dilakukan tim BEM Faperta UMLB yang dibantu bersama pemuda di Lauwon. “Penataan wisata gowa pada umumnya sudah selesai. Tinggal menambahkan hal-hal kecil untuk melengkapi,” terangnya.

Ramdhani yang juga Dosen Pendamping PHP2D UMLB menerangkan, tujuan dari pelatihan pembuatan kopi berbahan kedelai ini untuk mengembangkan dan mendiversifikasikan sumber pangan lokal Desa Lauwon yaitu kedelai menjadi kopi.

“Selain itu, melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Kelompok Lauwon Mandiri dalam mengelola kedelai menjadi produk yang memiliki daya saing di pasaran serta dapat memberikan nilai ekonomi tinggi,” harapnya. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait