Petani Kesulitan Air, ESSA PAU Serahkan Sarana Pertanian Untuk Kelompok Tani Molumuh Kintom

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-ESSA PT Panca Amara Utama menyerahkan bantuan sarana pertanian pada Kelompok Tani Molumuh, Desa Dimpalon ,Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, pada Selasa (18/10/2022). Bantuan tersebut diterima ketua kelompok di dampingi oleh Camat Kintom Amrizal Latief, Babinsa wilayah dan anggota kelompok tani tersebut.

Camat Kintom dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah kecamatan sangat berterima kasih pada pihak perusahaan, yang sudah berupaya membantu Kelompok Tani Molumuh. Sebelumnya kata dia, kelompok ini berupaya memenuhi kebutuhan dengan swadaya, mencari anggaran sendiri, karenanya masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk suksesnya program pertanian.

Bacaan Lainnya

“Ke depan untuk tujuan jangka panjang, inovasi kelompok ini harus diketahui oleh masyarakat umum, sehingga bisa menjadi percontohan, dan meningkatkan ekonomi masyarakat dalam hal pertanian, sekaligus penggunaan tehnologi tepat guna,” jelas Amrizal.

Pada kesempatan yang sama, Dr Ir Rizaldi Maadji, ST., MT sebagai penggagas program menyampaikan bahwa dasar program ini adalah kondisi perkebunan berada di ketinggian, sehingga para petani sangat kesulitan air. “Karenanya kami memanfaatkan topografi yang ada dengan cara rain harvesting atau dengan kata lain memanen air hujan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, untuk penampung air yang dikerjakan sekarang ini berukuran 15×40 meter dengan kedalaman 4 meter. “Jika tampungan air nantinya bisa mencapai 30 sampai 40 persen, maka estimasi rata-ratanya bisa mencapai 800 kubik atau sekitar 800 tandon air yang bisa dipakai untuk kebutuhan bercocok tanam. Dan apabila ini dibagikan pada 50 kepala keluarga, tentunya sangat bermanfaat buat petani sekitar,” tambahnya.

Sementara itu Staff External Relation Officer PT PAU Novari Mursita saat menyerahkan bantuan mengatakan, bantuan anggaran pipanisasi untuk pembuatan embung atau tandon air untuk menampung kelebihan air hujan dengan teknik rain harvesting tersebut, merupakan bagian dari pelaksanaan program CSR ESSA PT. Panca Amara Utama di bidang pertanian. Hal tersebut  kata dia, sebagai bentuk dukungan perusahaan untuk meningkatkan infastruktur pertanian, dengan harapan kedepannya bisa meningkatkan ekonomi petani khususnya di Desa Dimpalon Baru dan Kecamatan Kintom secara umum. DAR/**