Peserta Didik Harus Gunakan Helm Saat Berkendara

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA – Kasat Lantas Polres Banggai, AKP Muhammad Fadlan menghimbau kepada peserta didik mulai tingkat SD dan SMP di Kabupaten Banggai, agar menggunakan helm saat berkendara di jalan raya.

Himbauan itu disampaikan Kasat Lantas Polres Banggai, AKP Muhammad Fadlan saat mengukuhkan polisi cilik (Pocil) wilayah Kecamatan Luwuk dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Kegiatan itu dilangsungkan di halaman Mapolsek Kecamatan Luwuk, Jumat pekan kemarin.

Bacaan Lainnya

“Kami mau adik-adik PKS itu menjadi agen Satlantas Polres Banggai, sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Jadi, adik-adik kalau mau naik motor (Berkendara) harus memakai helm. Pembentukan PKS dan Pocil itu agar melatih kedisplinan para peserta didik. Supaya mereka terbiasa tertib berlalulintas,” kata Kasat Lantas.

Dia berharap, kepada anggota PKS dan Pocil untuk berlatih dengan serius. Baik PKS dan Pocil akan dilatih oleh anggota Polantas tentang bagaimana cara mengatur lalu lintas yang benar.

Menurutnya, dengan adanya PKS dan Pocil tersebut, diharapkan bisa membantu anggota Polantas Polres Banggai di jalan raya. Sebab jumlah Polantas Polres Banggai sangat terbatas, tapi sekolah mulai SD dan SMP di Kota Luwuk banyak sekali. Jadi, tidak dapat terakomodir semua wilayah.

“Sehingga kami minta kepada adik-adik PKS untuk berdiri tegak di samping jalan untuk mengatur arus lalu lintas. Datang pagi dan mengatur teman-teman peserta didik lainnya. Sekaligus mengingatkan orang tuanya untuk selalu memakai helm saat berkendara. Jadi tegur bapaknya, agar disiplin berlalu lintas,” ujarnya.

Dia memberikan apresiasi kepada orang tua peserta didik mulai tingkat SD dan SMP dalam Kota Luwuk yang sangat antusias mengikutkan anaknya masuk kegiatan Pocil dan PKS. “Untuk bapak dan ibu, kami ucapkan terima kasih. Ternyata orang tua antusias sekali. Kami akan latih anak-anak kalian tentang kedisplinan dan cinta tanah air, agar kedepannya bisa menjadi generasi penerus,” tambahnya. RUM