Persiapkan Siswa Berprestasi di Level Nasional, Dikbud Gelar Workshop Lomba

  • Whatsapp
Workshop lomba-lomba peserta didik SMK, di Palu. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggelar kegiatan workshop lomba, Kamis (18/11/2021) di Palu.

Worksop ini untuk mempersiapkan siswa siswi berprestasi di tingkat nasional pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Kompetisi Olimpiade Sains Nasional (KOSN) dan Lembar Kerja Siswa (LKS).

Bacaan Lainnya

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 1 Luwuk, Romin Hairun kepada Banggai Raya, Jumat (19/11/2021) mengatakan, dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 58 wakil kepala sekolah yang punya prestasi di bidang lomba FLS2N, KOSN dan LKS.

“Agar lebih mempersiapkan siswanya untuk lebih berprestasi di tingkat nasional. Persiapan lebih matang, lebih terarah dengan pelatih-pelatih yang Professional. Untuk dana atau biaya dibolehkan untuk menggunakan dana Bos atau Bos daerah,” kata Romin Hairun.

Sebagai mesin penggerak kata dia, adalah Wakasek kesiswaan. Sehingga mulai sekarang sudah mencari bibit-bibit, atau talenta yang berasal dari daerah, agar supaya kedepan akan lahir mutiara-mutiara dari Sulteng di lomba yang akan diadakan tahun depan.

SMKN 1 Luwuk berhasil membawa 2 siswanya mewakili tingkat nasional yang akan mendapatkan anggaran Bos Kinerja dari Pemerintah Pusat. “Bos kinerja yaitu dana yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang punya prestasi, salah satu penilaiannya adalah siswa yang punya prestasi, yang mewakili ke tingkat nasional, maksimal 2 orang. Yang sertifikatnya di input lewat Dapodik,” ujarnya.

“Bosda adalah bos daerah gantinyaiIuran PPP, yang dicabut ijinnya Pergub Nomor 10 tahun 2017. Jadi tahun depan tidak ada lagi pungutan, atau biaya untuk sekolah SMA/SMK,” tambahnya. (*)

Pos terkait